BAB I
PENDAHULUAN
A. RASIONAL
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik.
Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam pengembangan kurikulum.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan kurikulum pada KTSP jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu pada SI dan SKL serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP).
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMP Negeri 1 Ngoro yang selanjutnya disebut Kurikulum SMP Negeri 1 Ngoro ini disusun sesuai dengan potensi daerah, sosial budaya masyarakat, karakteristik peserta didik di SMP Negeri 1 Ngoro dan tuntutan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengembangan sumber daya manusia peserta didik agar mampu bersaing dalam kehidupan masyarakat internasional karena mulai Tahun Pembelajaran 2007 – 2008 SMP Negeri 1 Ngoro telah ditetapkan sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI).
B. LANDASAN HUKUM
1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Ketentuan dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 yang mengatur KTSP adalah Pasal 1 ayat (19); Pasal 18 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 32 ayat (1), (2), (3); Pasal 35 ayat (2); Pasal 36 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 37 ayat (1), (2), (3); Pasal 38 ayat (1), (2).
2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Kerentuan dalam PP Nomor 19 Tahun 2005 yang mengatur KTSP adalah Pasal 1 ayat (5), (13), (14), (15); Pasal 5 ayat (1), (2); Pasal 6 ayat (6); Pasal 7 ayat (1), (2), (3), (4), (5), (6), (7), (8); Pasal 8 ayat (1), (2), (3); Pasal 10 ayat (1), (2), (3); Pasal 11 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 13 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 14 ayat (1), (2), (3); Pasal 16 ayat (1), (2), (3), (4), (5); Pasal 17 ayat (1), (2); Pasal 18 ayat (1), (2), (3); Pasal 20.
3. Permen Diknas No 22 tahun 2006, tentang Standart Isi
4. Permen Diknas No 23 tahun 2006,tentang Standar Kelulusan
5. Permen Diknas No 24 tahun 2006 tentang pelaksanaan permen 22 & 23 tahun 2006
6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 6 Tahun 2007 tentang Perubahan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006
7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI, Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan
9. Peraturan Bupati Mojokerto No. 25 tahun 2008, tentang Muatan Lokal
C. TUJUAN
Kurikulum SMP Negeri 1 Ngoro ini disusun sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan di SMP Negeri 1 Ngoro Kabupaten Mojokerto.
BAB II
TUJUAN PENDIDIKAN TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
A. VISI SEKOLAH
BERPRESTASI, SEHAT, BERLANDASKAN IMAN dan TAQWA, BERWAWASAN LINGKUNGAN DAN BERDAYA SAING INTERNASIONAL
Indikator :
1. Terwujudnya lulusan dengan kompetensi bertaraf internasional
2. Terwujudnya kurikulum yang bertaraf internasional
3. Terwujudnya standar tenaga pendidik dan kependidikan yang bertaraf internasional
4. Terwujudnya standar prasarana dan sarana pendidikan sekolah yang relevan dan bertaraf internasional
5. Terwujudnya warga sekolah yang sehat, beriman dan bertaqwa
6. Terwujudnya lingkungan sekolah yang nyaman,aman dan ramah lingkungan
7. Terselenggaranya model pembelajaran yang berbasis lingkungan
B. MISI SEKOLAH
1. Mewujudkan lulusan dengan kompetensi bertaraf internasional
2. Mewujudkan perangkat kurikulum bertaraf internasional
3. Mewujudkan silabus semua mata pelajaran bertaraf internasional
4. Mewujudkan tenaga pendidik dan kependidikan yang memiliki kompetensi bertaraf internasional
5. Mewujudkan fasilitas sekolah yang relevan, memadai dan berwawasan ke depan serta bertaraf internasional
6. Mewujudkan sekolah sehat, beriman dan bertaqwa
7. Mewujudkan lingkungan sekolah yang nyaman,aman dan ramah lingkungan
8. Mewujudkan model pembelajaran yang berbasis lingkungan
PENJABARAN MISI
1. Mewujudkan lulusan dengan kompetensi bertaraf internasional
Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang bertaraf internasional
Melaksanakan penilaian mata pelajaran MIPA dan Bahasa Inggris bertaraf Internasional.
Melaksanakan pengembangan kompetensi lulusan.
Melaksanakan pengembangan materi ajar bertaraf internasional
Melaksanakan pengembangan system penilaian.
2. Mewujudkan perangkat kurikulum bertaraf internasional
Melaksanakan pengembangan kurikulum satuan pendidikan
Melaksankan pengembangan pemetaan kompetensi dasar semua mata pelajaran.
Melaksanakan pengembangan rencana pembelajaran.
Melaksanakan pengembangan system penilaian.
3. Mewujudkan silabus semua mata pelajaran bertaraf internasional
Melaksanakan pengembangan silabus.
Melaksanakan pengembangan metode pengajaran.
Melaksanakan pengembangan strategi pembelajaran
Melaksanakan pengembangan strategi penilaian.
Melaksanakan pengembangan bahan ajar/sumber pembelajaran.
4. Mewujudkan tenaga pendidik dan kependidikan yang memiliki kompetensi bertaraf internasional
Melaksanakan pengembangan profesionalitas guru
Melaksanakan peningkatan kompetensi guru
Melaksanakan peningkatan kompetensi TU dan tenaga kependidikan lainnya
Melaksanakan monitoring dan evaluasi kepada guru, TU dan tenaga kependidikan lainnya.
5. Mewujudkan fasilitas sekolah yang relevan, memadai dan berwawasan ke depan serta bertaraf internasional
Mengadakan dan melengkapi media pembelajaran
Mengadakan sarana prasarana pendidikan.
Melengkapi sarana pendidikan yang memadai
Menata lingkungan belajar sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif.
6. Mewujudkan sekolah sehat, beriman dan bertaqwa
Mengadakan penyuluhan kesehatan kerjasama dengan instansi terkait
Membiasakan pentingnya hidup bersih kepada semua warga sekolah
Mengadakan kultum setiap hari Rabu
Melaksanakan kegiatan sholat Dhuhur berjamaah
Melaksanakan kegiatan sholat jamaah Jum’at
7. Mewujudkan lingkungan sekolah yang nyaman,aman dan ramah lingkungan
Melaksanakan kegiatan pelestarian lingkungan sekolah yang sehat dan asri.
Meningkatkan kesadaran siswa dan warga sekolah akan pentingnya lingkungan.
Mengembangkan manajemen penglolaan lingkungan yang sehat.
8. Mewujudkan model pembelajaran yang berbasis lingkungan
Mengadakan dan mengembangkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.
Memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.
C. TUJUAN PENDIDIKAN TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
1.Sekolah Mengembangkan Kurikulum
A. Mengembangkan kurikulum satuan pendidikan pada tahun 2006 - 2010
B. Mengembangkan pemetaan SK, KD, Indikator untuk kelas 7, 8, 9 pada tahun 2010.
C. Mengembangkan RPP untuk kelas 7, 8, 9 semua mata pelajaran.
D. Mengembangkan sistem penilaian berbasis ICT
2. Sekolah Mencapai Standar Isi (Kurikulum) pada tahun 2010.
a. Pembuatan dokumen kurikulum internasional.
3. Sekolah memiliki/mencapai standart proses pembelajaran meliputi
a. Melaksanakan pembelajaran dengan strategi CTL.
b. Melaksanakan pendekatan belajar tuntas.
c. Melaksanakan pembelajaran inovatif.
d. Peningkatan kualitas Proses Belajar Mengajar yang berbasis ICT dengan berbagai model pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum internasional
4. Sekolah memiliki/mencapai standart pendidikan dan tenaga kependidikan pada tahun 2011.
5. Sekolah memiliki/mencapai standart sarana/prasarana/fasilitas pada tahun 2010.
6. Sekolah memiliki/mencapai standart pengelolaan sekolah.
7. Sekolah memiliki/mencapai standart pencapaian ketuntasan keompetensi/prestasi/ lulusan.
a. Penetapan standar kompetensi lulusan yang bertaraf
internasional
8. Sekolah memiliki/mencapai standart pembiayaan sekolah.
9. Penetapan sistem penilaian dengan standar internasional
BAB III
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A. STRUKTUR KURIKULUM
Struktur kurikulum SMP Negeri 1 Ngoro dikembangkan dari kelompok mata pelajaran sebagai berikut :
1. Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
2. Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
3. Kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
4. Kelompok mata pelajaran estetika
5. Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan
Struktur kurikulum SMP Negeri 1 Ngoro meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai Kelas VII sampai dengan Kelas IX. Struktur kurikulum disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut.
1. Kurikulum SMP Negeri 1 Ngoro memuat 10 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri seperti tertera pada Tabel Struktur Kurikulum.
2. Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal terdiri dari Bahasa Jawa dan Percakapan Bahasa Inggris.
3. Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karir peserta didik.
4. Substansi mata pelajaran IPA dan IPS pada SMP Negei 1 Ngoro merupakan “IPA Terpadu” dan “IPS Terpadu”.
5. Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Satuan pendidikan dimungkinkan menambah maksimum empat jam pembelajaran per minggu secara keseluruhan.
6. Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 40 menit.
7. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34-38 minggu.
Tabel Struktur Kurikulum SMP Negeri 1 Ngoro
No.
Komponen
Kelas dan Alokasi Waktu
VII
VIII
IX
A.
Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama
2
2
2
2. Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
3. Bahasa Indonesia
4
4
4
4. Bahasa Inggris
6
6
6
5. Matematika
5
5
5
6. Ilmu Pengetahuan Alam
5
5
5
7. Ilmu Pengetahuan Sosial
4
4
4
8. Seni Budaya
2
2
2
9. Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
2
2
2
10. Keterampilan / Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
B.
Muatan Lokal
1. Bahasa Jawa
2
2
2
C.
Pengembangan Diri
a. Intrakurikuler
BK
Lingkungan Hidup
b. Ektrakuruler
c. Bimbingan Karier
d. Karya Ilmiah Remaja (KIR)
e. Olimpiade Matematika
f. Olimpiade Fisika
g. Olimpiade Biologi
h. Olimpiade IPS
i. Debat Bahasa Inggris
j. Ketrampilan buah sistetis
k. Tata Boga
l. Pramuka
m. Teater
n. Yunior Club
o. Green Haouse
p. Berkebun
q. Musik Band
r. Bola Volly
s. Basket
t. Atletik
u. Bela Diri
v. l. Seni Tari
2. Rutin / Terstruktur
a. Upacara Bendera
b. Sholat Jumat
c. Budaya bersih
d. Mengucapkan salam, berjabat tangan dengan guru
Jumlah
38
38
38
Catatan : 1. Penambahan jam Pengayaan pada mata pelajaran :
a. Matematika
b. IPA
c. Bahasa Inggris
B. MUATAN KURIKULUM
1. Mata Pelajaran
a. Pendidikan Agama.
Tujuan : Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia yang mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
b. Pendidikan Kewarganegaraan.
Tujuan : Meningkatkan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.
c. Bahasa Indonesia.
Tujuan : Membina ketrampilan berbahasa secara lisan dan tertulis serta dapat menggunakan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi dan dan sarana pemahaman terhadap IPTEK .
d. Bahasa Inggris.
Tujuan : Membina ketrampilan berbahasa Inggris dan berkomunikasi secara lisan dan tertulis untuk menghadapi perkembangan IPTEK dan mampu bersaing di era globalisasi.
e. Matematika.
Tujuan : Memberikan pemahaman logika dan kemampuan dasar matematika dalam rangka penguasaan IPTEK dan mampu bersaing di era globalisasi.
Pembelajaran matematika disampaikan dengan menggunakan bilingual.
f. Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ).
Tujuan : Memberikan pengetahuan dan ketrampilan untuk menguasai dasar-dasar sains dalam rangka penguasaan IPTEK dan mampu bersaing di era globalisasi.
Pembelajaran IPA disampaikan dengan menggunakan bilingual.
g. Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ).
Tujuan : memberikan pengetahuan sosial kultural masyarakat yang majemuk, mengembangkan kesadaran hidup bermasyarakat serta memiliki ketrampilan hidup secara mandiri.
h. Seni Budaya.
Tujuan : Mengembangkan apresiasi seni, daya kreasi dan kecintaan pada seni budaya Nasional, dapat menikmati dan mensyukuri hidup, serta mengisi kehidupan bermasyarakat sehingga tercipta kebersamaan yang harmonis dan mampu bersaing di era globalisasi.
i. Penjas, Olah Raga dan Kesehatan.
Tujuan : Menanamkan kebiasaan hidup sehat, meningkatkan kebugaran dan ketrampilan dalam bidang olah raga, menanamkan rasa sportifitas, tanggung jawab, disiplin dan percaya diri dan mampu bersaing di era globalisasi.
j. Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ).
Tujuan : Memberikan ketrampilan dalam bidang teknologi informatika dalam menghadapi perkembangan Informasi dan teknologi serta IPTEK dan mampu bersaing di era globalisasi.
2. Muatan Lokal.
a. Bahasa Daerah.
Tujuan : Membina ketrampilan berbahasa Jawa secara lisan dan tertulis dalam rangka mempertahankan nilai-nilai budaya Jawa dalam wujud komunikasi dan apresiasi sastra Jawa.
b. Percakapan Bahasa Inggris
Tujuan : Membina ketrampilan komunikasi berbahasa Inggris untuk menghadapi perkembangan IPTEK dan mampu bersaing di era globalisasi.
3. Kegiatan Pengembangan Diri.
Kegiatan pengembangan diri terdiri dari :
a. Kegiatan Rutin
1. Upacara Bendera
Tujuan : Meningkatkan kedisiplinan dan rasa cinta tanah air.
2. Sholat Jumat
Tujuan : Meningkatkan kebiasaan siswa dalam mengaplikasikan dan menerapkan nilai-nilai ajaran agama guna membentuk manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
3. Budaya bersih
Tujuan : Meningkatkan kesadaran dan kebiasaan akan budaya hidup bersih.
4. Mengucapkan salam, berjabat tangan dengan guru
Tujuan : Meningkatkan kebiasaan dan menanamkan sifat santun dalam kehidupan di lingkungan sekolah.
d. Kegiatan Terprogram
1. Bimbingan Karier
Tujuan : Membimbing pengembangan karir siswa, membantu memecahkan kesulitan belajar siswa, membantu memecahkan masalah dalam kehidupan siswa, membimbing bakat dan minat dan Membimbing pemiliham jenjang pendidikan yang lebih tinggi
2. KIR ( Karya Ilmiah Remaja )
Tujuan : Mengembangkan cara berpikir siswa yang kreatif dan inovatif melalui penelitian dalam pembuatan karya ilmiah dan mampu bersaing di era globalisasi.
3. Olimpiade Matematika
Tujuan : Mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang matematika dan memberikan penguatan penguasaan matematika
4. Olimpiade Fisika
Tujuan : Mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang fisika dan memberikan penguatan penguasaan fisika
5. Olimpiade Biologi
Tujuan : Mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang biologi dan memberikan penguatan penguasaan biologi
6. Olimpiade IPS
Tujuan : Mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang IPS dan memberikan penguatan penguasaan IPS
7. Debat Bahasa Inggris
Tujuan : Mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang debat berbahasa Inggris
8. Keterampilan buah sintetis
Tujuan : Memberikan bekal keterampilan di bidang kerajinan, pemanfaatan teknologi sederhana dan kewirausahaan dan mampu bersaing di era globalisasi.
9. Tata Boga
Tujuan : Memberikan bekal keterampilan di bidang tata Boga, pemanfaatan teknologi sederhana dan kewirausahaan.
10. Pramuka
Tujuan : Menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air, melatih siswa berorganisasi, melatih siswa agar trampil dan mandiri.
11. Teater
Tujuan : Mengembangkan minat dan bakat siswa di bidang teater, menumbuhkan kreatifitas siswa dalam seni peran, menumbuhkan kepekaan dan kepedulian sosial
12. Junior English Club
Tujuan : Meningkatkan keterampilan menulis, membaca dan berkomunikasi dengan berbahasa Inggris, serta mampu bersaing di era globalisasi
13. Green Haouse
Tujuan : Memberikan bekal keterampilan bercocok tanam, dengan intensif dan menggunakan teknologi, serta mampu bersaing di era globalisasi
14. Berkebun
Tujuan : Memberikan bekal keterampilan bercocok tanam, dengan intensif dan menggunakan teknologi
15. Musik Band
Tujuan : Mengembangkan minat dan bakat siswa dalam menggunakan peralatan musik, meningkatkan kreatifitas dan kekompakan bermain dalam group band.
16. Bola Volly
Tujuan : Mengembangkan minat dan bakat siswa di bidang Bola Volly sebagai olah raga prestasi, meningkatkan kualitas kesehatan fisik dan mental siswa, menumbuhkan sikap sportifitas dan mampu bersaing di era globalisasi.
17. Basket
Tujuan : mengembangkan minat dan bakat siswa di bidang basket sebagai olah raga prestasi, meningkatkan kualitas kesehatan fisik dan mental siswa, menumbuhkan sikap sportifitas dan mampu bersaing di era globalisasi.
18. Atletik
Tujuan : mengembangkan minat dan bakat siswa di bidang atletik sebagai olah raga prestasi, meningkatkan kualitas kesehatan fisik dan mental siswa, menumbuhkan sikap sportifitas dan mampu bersaing di era globalisasi.
19. Bela Diri
Tujuan : mengembangkan minat dan bakat siswa di bidang ilmu bela diri, meningkatkan kualitas kesehatan fisik dan mental siswa, meningkatkan kepercayaan diri siswa dan mampu bersaing di era globalisasi.
20. Seni Tari
Tujuan : mengembangkan minat dan bakat siswa di bidang seni tari, menumbuhkan kreatifitas siswa dan mampu bersaing di era globalisasi.
C. PENGATURAN BEBAN BELAJAR
Kelas
Satu jam pemb. tatap muka (menit)
Jumlah jam pemb. Per minggu
Keterangan
VII
40
38
VIII
40
38
IX
40
38
D. KETUNTASAN BELAJAR
Dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik serta sumber daya pendukung pembelajaran maka SMP Negeri 1 Ngoro menentukan kriteria ketuntasan per mata pelajaran pada Tahun Ajaran 2010/2011 seperti pada tabel dibawah ini:
No.
Mata Pelajaran
Target Ketuntasan
Kls 7
Kls 8
Kls 9
1.
Pendidikan Agama
75
76
76
2.
PKn
75
75
75
3.
Bahasa Indonesia
75
75
75
4.
Bahasa Inggris
76
76
5.
Matematika
75
76
78
IPA / Fisika
75
75
75
6.
IPA / Biologi
75
75
75
7.
IPS
78
77
78
8.
Seni Budaya
75
75
75
9.
Pendidikan Jasmani, Olah raga dan kesehatan
75
76
77
10.
Keterampilan / TIK
75
75
75
11.
Muatan Lokal
a. Bahasa Daerah
76
77
E. KENAIKAN KELAS DAN KELULUSAN.
1. Kriteria Kenaikan Kelas :
a. Akademis
1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
2. Memperoleh nilai minimal ketuntasan belajar pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran Agama dan Akhlak Mulia, kelompok Kewarganegaraan dan Kepribadian, Estetika dan kelompok mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan.
3. Memiliki nilai yang kurang dari KKM maksimal 4 mata pelajaran.
b. Non Akademis
1. Nilai perilaku siswa minimal baik.
2. Kehadiran siswa di sekolah minimal 85 %
2. Kriteria Kelulusan:
Peserta didik dinyatakan lulus setelah:
1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
2. Memperoleh nilai minimal ketuntasan belajar pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran Agama dan Akhlak Mulia, kelompok Kewarganegaraan dan Kepribadian, Estetika dan kelompok mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
3. Lulus ujian sekolah untuk kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
4. Lulus Ujian Nasional.
2. Syarat Mutasi Siswa;
A. Mutasi Masuk
1. Surat permohonan dari orang tua / wali murid (bermaterai)
2. Surat keterangan bersedia melepas dari sekolah asal (Sekolah Berstandar Nasional)
3. Rekomendasi dari Dinas Kabupaten (bila mutasi antar provinsi)
4. Rekomendasi dari Kepala Dinas Provinsi (bila mutasi antar Provinsi)
5. Surat pernyataan dari orang tua / wali murid
6. Buku rapor
7. Foto 3X4 sebanyak 2 lembar
8. Foto copy ijasah SD/MI
9. Surat permohonan di terima sebelum pendataan pendaftaran peserta ujian Nasional
B. Mutasi keluar
1. Surat permohonan dari orang tua / wali murid (bermaterai)
2. Surat keterangan bersedia menerima dari sekolah yang dituju
3. Surat pernyataan dari orang tua / Wali murid
4. Surat keterangan bebas adminitrasi
5. Foto 3X4 sebanyak 4 lembar
6. Foto copy buku rapor
7. Surat permohonan diterima minimal pada semester genap untuk kelas VII
8. Surat permohonan diterima maksimal sebelum pendataan pendaftaran peserta ujian Nasional
II. PROFIL SEKOLAH
III.
IV.
V. 1. Nama Sekolah : SMP NEGERI 1 NGORO
VI. 2. No. Statistik Sekolah : 201.050.311.054
VII. 3. Tipe Sekolah : A
VIII. 4. Alamat Sekolah : Jl. Raya Jasem No. 3
IX. : (Kecamatan) Ngoro
X. : (Kabupaten) Mojokerto
XI. : (Propinsi) Jawa Timur
XII. 5. Telepon/Fax : (0321) 6819726
XIII. 6. Status Sekolah : Negeri
XIV. 7. Nilai Akreditasi Sekolah : 94.03
XV.
XVI. 8. Data Siswa 5 (lima tahun terakhir) :
XVII.
Th
Pelajaran
Jml
Pendaftar
Kelas VII
Kelas VIII
Kelas IX
Jumlah
Jml Siswa
Jml Rombel
Jml Siswa
Jml Rombel
Jml Siswa
Jml Rombel
Jml Siswa
Jml Rombel
2005/2006
412
216
7
234
7
296
7
746
21
2006/2007
425
244
7
208
7
225
7
678
21
2007/2008
456
179
5
241
7
206
7
673
21
47
2
(RSBI)
2008/2009
450
180
6
180
5
240
7
685
22
46
2 (RSBI)
47
2
(RSBI)
2009/2010
457
160
5
179
6
176
5
680
23
72
3
(RSBI)
46
2
(RSBI)
47
2
(RSBI)
2010/2011
121
91
8
(RSBI)
160
5
179
6
543
24
67
3
(RSBI)
46
2
(RSBI)
XVIII.
XIX. 9. Pendidik dan Tenaga Kependidikan
XX. a. Kepala sekolah
No
Jabatan
Nama
Jenis Kelamin
Usia
Pend.
Akhir
Masa Kerja
L
P
1.
Kepala Sekolah
Drs. AMIN SUUDI, M.Pd
L
52
S2
22
2.
Wk Kep. Sek.
MUHAJIR, S.Pd.
L
50
S1
26
XXI.
XXII.
XXIII.
XXIV.
XXV. b. Guru
XXVI. 1. Kualitas Pendidikan, Status, Jenis Kelamin, dan Jumlah
No
Tingkat Pendidikan
Jumlah dan Status Guru
Jumlah
GT/PNS
GTT/Guru Bantu
L
P
L
P
1.
S3/S2
3
2
5
2.
S1
18
26
3
3
50
3.
D-4
4.
D3/Sarmud
1
1
5.
D2
6.
D1
7.
SMA/Sederajat
Jumlah
20
28
4
3
55
XXVII.
XXVIII. 2. Jumlah guru dengan tugas mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikan (keahlian)
XXIX.
No
Guru
Jumlah guru dengan latar belakang
Pendidikan sesuai dengan tugas
Mengajar
Jumlah guru dengan latar belakang
Pendidikan yang TIDAK sesuai
Dengan tugas mengajar
Jumlah
D1/D2
D3/
Sarmud
S1/D4
S2/S3
D1/D2
D3/
Sarmud
S1/D4
S2/S3
1.
IPA
7
7
2.
Matematika
4
1
1
6
3.
Bahasa Indonesia
5
1
1
7
4.
Bahasa Inggris
6
6
5.
Pendidikan Agama
3
3
6.
IPS
5
3
8
7.
Penasorkes
3
3
8.
Seni Budaya
1
1
2
9.
PKn
4
4
10.
TIK/Keterangan
1
2
3
11.
BK
2
2
4
12.
Lainnya : ………..
Bhs. Daerah
2
1
3
Jumlah
42
4
9
56
XXX.
XXXI.
XXXII. 3. Pengembangan kompetensi/profesionalisme guru
XXXIII.
No
Jenis Pengembangan Kompetensi
Jumlah Guru yang telah mengikuti kegiatan pengembangan
Kompetensi/profesionalisme
Laki-laki
Jumlah
Perempuan
Jumlah
1.
Penataran KBK/KTSP
24
31
55
2.
Penataran Metode Pembelajaran
(termasuk CTL)
24
31
24
3.
Penataran PTK
11
-
11
4.
Penataran Karya Tulis Ilmiah
8
4
12
5.
Sertifikasi Profesi/Kompetensi
8
14
22
6.
Penataran PTBK
15
10
25
7.
Penataran Lainnya : ………….
MGMP
Whork Shop KTSP
24
24
31
31
55
55
XXXIV.
XXXV.
XXXVI. 4. Prestasi Guru
No
Jenis Lomba
Perolehan Kejuaraan 1 sampai 3 dalam 3 tahun terakhir
Tingkat
Jumlah Guru
1.
Lomba PTK
Nasional
Provinsi
Kab/Kota
2.
Lomba Karya Tulis Inovasi Pembelajaran
Nasional
Provinsi
Kab/Kota
3
3.
Lomba Guru Berprestasi
Nasional
Provinsi
Kab/Kota
1
4.
Lomba Lainnya :
Nasional
Provinsi
Kab/Kota
XXXVII. c. Tenaga Kependidikan : Tenaga Pendukung
XXXVIII.
No
Tenaga Pendukung
Jumlah tenaga pendukung dan kualifikasi pendidikannya
Jumlah tenaga pendukung berdasarkan status dan jenis kelamin
Jumlah
SMP
SMA
D1
D2
D3
S1
PNS
Honorer
L
P
L
P
1.
Tata Usaha
5
1
3
2
1
6
2.
Perpustakaan
1
1
1
3.
Laboran Lab IPA
1
1
1
4.
Teknisi Lab. Komputer
2
2
2
5.
Laboran Lab. Bahasa
6.
PTD (Pend. Tek. Dasar)
7.
Kantin
1
1
1
8.
Penjaga Sekolah
3
3
3
9.
Tukang Kebun
2
2
4
4
10.
Keamanan
1
1
11.
Lainnya : ………………
Jumlah
6
11
2
3
3
7
3
17
XXXIX.
XL.
XLI.
XLII. 10. a) Data Ruang Belajar (Kelas)
Kondisi
Jumlah dan Ukuran
Jml. Ruang lainnya yang digunakan untuk R. Kelas
(e)
Jumlah ruang yang digunakan untuk R. Kelas
(f) = (d+e)
Ukuran
7x9 m2 (a)
Ukuran
> 63m2 (b)
Ukuran
< 63m2 (c)
Jumlah (d)
= (a+b+c)
Baik
22
7 x 9
1 ruang yaitu:
Keterampilan
23
Rsk ringan
Rsk sedang
Rsk berat
Rsk total
XLIII.
XLIV. Keterampilan
Baik
Kerusakan < 15%
Rusak ringan
15% - < 30%
Rusak sedang
30% - < 45%
Rusak berat
45% - 65%
Rusak total
> 65%
XLV.
XLVI. b) Data Ruang Belajar Lainnya
Jenis Ruangan
Jumlah
(buah)
Ukuran
(pxl)
Kondisi *)
Jenis Ruangan
Jumlah
(buah)
Ukuran
(pxl)
Kondisi
1. Perpustakaan
1
7x12
Baik
6. Lab. Bahasa
1
7x9
Baik
2. Lab. IPA
2
7x12
Rusak ringan
7. Lab. Komputer
1
7x9
Baik
3. Keterampilan
-
8. PTD
4. Multimedia
1
7x9
Baik
9. Serbaguna/Aula
1
12x20
Baik
5. Kesenian
1
5x7
Baik
10. ……………..
XLVII.
XLVIII.
XLIX.
L.
LI.
LII. c) Data Ruang Kantor
Jenis Ruangan
Jumlah
(buah)
Ukuran
(pxl)
Kondisi *)
1. Kepala Sekolah
1
8x6
Baik
2. Wakil Kepala Sekolah
3. Guru
1
8x13
Baik
4. Tata Usaha
1
8x6
Baik
5. Tamu
1
3x8
Baik
Lainnya : ……………..
LIII.
LIV.
LV. d) Data Ruang Penunjang
Jenis Ruangan
Jumlah
(buah)
Ukuran
(pxl)
Kondisi *)
Jenis Ruangan
Jumlah
(buah)
Ukuran
(pxl)
Kondisi
1. Gudang
2
4x6
baik
11. Ibadah
1
15x8
baik
2. Dapur
1
6x5
baik
12. Ganti
3
2x2
baik
3. Reproduksi
13. Koperasi
1
4x7
baik
4. KM/WC Guru
5
3x2
baik
14. Hall/Lobi
5. KM/WC Siswa
21
3x2
baik
15. Kantin
4
4x3
baik
6. BK
1
7x5
baik
16. Rumah Pompa/
Menara air
7
baik
7. UKS
1
8x15
baik
17. Bangsal
Kendaraan
1
12x20
Rusak
sedang
8. PMR/Pramuka
1
4x7
baik
18. Rumah Penjaga
9. OSIS
1
6x3
baik
19. Pos Jaga
1
2x2
baik
10. Ruang Adiwiyata
1
6x5
baik
20. Aula
1
12x20
baik
LVI.
LVII. 11. Lapangan Olahraga dan Upacara
Lapangan
Jumlah
(buah)
Ukuran (pxl)
Kondisi
Keterangan
1. Lapangan Olahraga
a. Lap. Basket
b. Lap. Bola Volly
c. Lompat Jauh
d. Bulu tangkis
1
1
1
2
14x30
6x12
3x6
6x8
Baik
Baik
baik
Baik
2. Lapangan Upacara
1
60x50
10%
LVIII.
LIX. 12. Kepemilikan Tanah : pemerintah/yayasan/pribadi/menyewa/menumpang*)
LX. Status Tanah : SHM/HGB/Hak Pakai/Akte Jual Beli/Hibah*)
LXI. Luas Tanah Terbangun : 20.000 m2
LXII. Luas Tanah Siap Bangun : 8.096 m2
LXIII. Luas Lantai Atas Siap Bangun : 2.000 m2
LXIV.
LXV. *) Coret yang tidak perlu
LXVI. Lampirkan rencana tapak (site plan) sekolah skalatis (berskala) dengan ukuran kertas minimal A4.
LXVII.
LXVIII.
LXIX.
LXX.
LXXI.
LXXII.
LXXIII. 13. Perabot (furniture) utama
LXXIV. a. Perabot ruang kelas (belajar)
No
Jumlah Ruang Kelas
Perabot
Jumlah dan kondisi meja siswa
Jumlah dan kondisi kursi siswa
Almari + rak buku/alat
Papan tulis
Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
1.
22
425
360
65
-
950
88
137
-
22
22
-
22
22
LXXV.
LXXVI. b. Perabot ruang belajar lainnya
No
Ruang
Perabot
Meja
Kursi
Almari + Rak Buku/Alat
Lainnya
Meja
Kursi
Almari + Rak Buku/Alat
Lainnya
Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
1.
Perpustakaan
5
5
40
40
17
17
2.
Lab. IPA
11
11
37
37
7
3
4
3.
Keterampilan
4.
Multimedia
25
25
25
25
1
1
5.
Lab. Bahasa
36
36
36
36
1
1
6.
Lab. Komputer
15
15
1
1
7.
Serbaguna
1
1
175
175
8.
Kesenian
1
1
7
7
1
1
9.
PTD
10.
Lainnya : …….
c. Perabot ruang kantor
No
Ruang
Perabot
Meja
Kursi
Almari + Rak Buku/Alat
Lainnya
Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
1.
Kepala Sekolah
3
3
8
8
2
2
2.
Wakil Kepala Sekolah
3.
Guru
56
56
58
58
1
1
4.
Tata Usaha
10
10
10
10
3
3
5.
Tamu
4
4
6.
Lainnya ……..
d. Perabot ruang penunjang
No
Ruang
Perabot
Meja
Kursi
Almari + Rak Buku/Alat
Lainnya
Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
1.
BK
5
5
9
9
3
3
2.
UKS
4
4
5
5
2
2
4
4
3.
PMR/Pramuka
1
1
1
1
2
2
5
5
4.
OSIS
1
1
2
2
1
5.
Gudang
4
1
1
2
6.
Ibadah
2
2
4
4
7.
Koperasi
2
2
2
2
2
2
8.
Hall/lobi
2
2
9.
Kantin
4
4
24
24
4
4
10.
Pos jaga
1
1
1
1
11.
Reproduksi
12.
Lainnya ……..
14. Koleksi Buku Perpustakaan
No
Jenis
Jumlah
Kondisi
Rusak
Baik
1.
Buku siswa/pelajaran (semua mata pelajaran)
12.621
6.221
6.400
2.
Buku bacaan (misalnya novel, buku ilmu pengetahuan dan teknologi dsb)
898
428
470
3.
Buku referensi (misalnya kamus, ensiklopedia, dsb)
223
58
165
4.
Jurnal
5.
Majalah
150
42
108
6.
Surat Kabar
1
1
7.
Lainnya : …………………………
Total
354
100
254
15. Fasilitas Penunjang Perpustakaan
No
Jenis
Jumlah / Ukuran / Spesifikasi
1.
Komputer
10
2.
Ruang Baca
1 (6 x 5)
3.
TV
2
4.
LCD
1
5.
VCD/DVD Player
1
6.
Lainnya : ………………….
16. Alat/Bahan di Laboratorium/Ruang Keterampilan/Ruang Multimedia
No
Alat/Bahan
Jumlah, kualitas, dan kondisi alat/bahan *)
Jumlah
Kualitas
Kondisi
< 25% dr keb
25%-50% dr keb
50%-75% dr keb
75%-100% dr keb
Kurang
Cukup
Baik
Sangat baik
Rusak berat
Rusak ringan
Baik
1.
Lab IPA
2.
Lab. Bahasa
3.
Lab. Computer
4.
Keterampilan
5.
PTD
6.
Kesenian
7.
Multimedia
*) Lampirkan daftar alat pada laboratorium/ruang dengan spesifikasi teknisnya
17. Prestasi sekolah/siswa dua (2) tahun terakhir
a. Prestasi Akademik : NUAN
No
Tahun Pelajaran
Rata-rata NUAN
Bhs. Indonesia
Matematika
Bahasa Inggris
IPA
Jumlah
Rata-rata
Tiga Mapel
1.
2006/2007
8,50
8,62
8,50
25,62
8,54
2.
2007/2008
7,85
8,79
8,39
9,20
34,23
8,55
3.
2008/2009
8,51
9,42
9,41
9,13
36,47
9,12
Prestasi Akademik Peringkat Rerata NUAN
No
Tahun Pelajaran
Peringkat
Tingkat Kecamatan (Rayon)
Tingkat Kab/Kota
Tingkat Propinsi
Sek. Negeri
Sek. Swasta
Sek. Negeri dan Swasta
Sek. Negeri
Sek. Swasta
Sek. Negeri dan Swasta
Sek. Negeri
Sek. Swasta
Sek. Negeri dan Swasta
1.
2006/2007
1
1
2
2
2.
2007/2008
1
1
1
2
3.
2008/2009
1
1
2
2
b. Prestasi Akademik : Nilai Ujian Sekolah (US)
No
Mata Pelajaran
Rata-rata Nilai US
Tahun 2007/2008
Tahun 2008/2009
1.
Pendidikan Agama
8,25
8,50
2.
PKn
8,86
8,02
3.
IPS
8,64
8,66
4.
Penjaskes
8,15
8,25
5.
Kertakes
8,69
8,70
6.
Mulok Komputer
8,56
8,60
7.
Mulok Bhs. Daerah
7,55
7,80
8.
Mulok English Conversation
7,50
7,85
9.
c. Angka Kelulusan dan Melanjutkan
No
Tahun Ajaran
Jumlah Kelulusan dan Kelanjutan Studi
Jumlah Peserta Ujian
Jumlah Lulus
% Kelulusan
% Lulusan yang melanjutkan pendidikan
% Lulusan yang TIDAK melanjutkan pendidikan
1.
2006/2007
225
225
100%
100
2.
2007/2008
205
205
100%
100
3.
2008/2009
230
230
100%
100
d. Perolehan Kejuaraan/Prestasi Akademik, Lomba-lomba
No
Nama Lomba
Tahun 2008/2009
Tahun 2009/2010
Juara Ke
Tingkat
Juara Ke
Tingkat
Kab/
Kota
Propinsi
Nasio
nal
Kab/
Kota
Propinsi
Nasio
nal
1.
Olimpiade Fisika
2
1
2.
Pelajar Teladan
2
3
Olimpiade Biologi
1
4
Olimpiade Matematika
3
e. Perolehan Kejuaraan/Prestasi Non Akademik
No
Nama Lomba
Tahun 2007/2008
Tahun 2005/2006
Juara Ke
Tingkat
Juara Ke
Tingkat
Kab/
Kota
Propinsi
Nasio
nal
Kab/
Kota
Propinsi
Nasio
nal
1.
Kader UKS
1
1
2.
Band
2
3.
Tolak peluru
1
4.
5.
6.
7.
8.
9.
f. Jumlah dan Prosentase Sisa drop-ou
No
Kelas
Jumlah dan Prosentase Siswa Drop-Out
2005/2006
2006/2007
2007/2008
2008/2009
1.
VII
-
-
-
-
2.
VIII
-
-
-
-
3.
IX
-
-
-
-
Total %
18. Sumber Dana 2 (dua) tahun terakhir
No
Sumber Dana
Tahun 2007/2008
Tahun 2008/2009
Tahun 2009/2010
1.
Rutin
2.
APBD Kab/Kota
100.000.000
193.180.000
3.
APBD Propinsi
100.000000
125.000.000
100.000.000
4.
BOS
239.304.000
384.180.000
379.709.000
5.
Komite Sekolah/Orang Tua siswa (jumlah keseluruhan iuran bulanan dan sumbangan pendidikan bagi siswa baru)
143.895.000
239.310.000
592.688.000
6.
School Grant
400.000.000
300.000.000
300.000.000
7.
Grant Pendidikan Kecakapan Hidup
8.
Subsidi Imbal Swadaya
70.000.000
Lain-lain : .......................
Jumlah
883.199.000
1.218.844.000
1.265.577.000
19. Alokasi Dana 2 (dua) tahun terakhir
No
Jenis Pembiayaan
Tahun 2007/2008
(Rupiah)
Tahun 2008/2009
(Rupiah)
Tahun 2009/20010
(Rupiah)
1.
Investasi
250.000.000
345.000.000
306.477.000
2.
Operasional
.424.699.000
657.200.000
728.500.000
3.
Personal
208.500.000
226.644.000
230.600.000
Jumlah
883.199.000
1.218.844.000
1.265.577.000
20. Lain-lain
a. Alasan lulusan SMP tidak melanjutkan ke SMA/SMK/sederajat
No
Alasan tak melanjutkan
Urutan alasan dari yang paling utama dengan memberi nomor 1 s.d 9 *)
1.
SMA/SMK/sederajat yang ada terlalu jauh/tak terjangkau
2.
Tidak mampu membiayai
3.
Transportasi sulit/mahal
4.
Kondisi geografis (medan sulit)
5.
Daerahnya terpencil
6.
Pendidikan dipandang kurang penting
7.
Bekerja
8.
Menikah
9.
Lain-lain, sebutkan
b. Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang tua Siswa
1) Pekerjaan orang tua / wali siswa
No
Pekerjaan
Prosentase
1.
PNS
15
2.
TNI/POLRI
10
3.
Petani
29
4.
Swasta
33
5.
Nelayan
-
6.
Politisi (misalnya anggota DPRD)
-
7.
Perangkat Desa
0,5
8.
Pedagang
12,5
...
...
...
2) Penghasilan orang tua / wali (gabungan kedua orang tua) siswa
No
Penghasilan
Prosentase
1.
Kurang dari Rp. 500.000,-
5
2.
Antara Rp. 500.000,- s.d Rp. 1.000.000,-
25
3.
Antara Rp. 1.000.000,- s.d Rp. 1.500.000,-
30
4.
Antara Rp. 1.500.000,- s.d Rp. 2.000.000,-
30
5.
Lebih dari Rp. 2.000.000,-
10
3) Tingkat kesejahteraan orang tua/wali siswa
No
Tingkat Kesejahteraan
Prosentase
1.
Pra sejahtera
5
2.
Sejahtera I
55
3.
Sejahtera II
30
4.
Purna sejahtera
10
4) Guru PKH (keterampilan) di SMP yang bersangkutan
No
Nama Lengkap (termasuk gelar)
Usia
Pendidikan
Status
Penga-laman kerja (tahun)
Gol
Ket
Tertinggi
Jurusan
PNS GTT, dsb
Guru Mapel
1.
SRI SUTRISNANINGRUM
43
S1
Sejarah
20
III/d
2.
HARIONO, S.Ag
30
S1
Agama
-
3
-
5) Nara Sumber PKH (keterampilan) di sekitar SMP yang terjangkau
No
Nama Lengkap (termasuk gelar)
Usia
Pendidikan
Pekerjaan
Bidang Keahlian
Ketersediaan Waktu
Ket
Tertinggi
Jurusan
1.
SAMSUL
35
S1
S. Supa
Pelukis
Pertaman
1x/bln
2.
SUDIRMAN
35
S1
P. Sukir
Pemahat
Patung
1x/bln
3.
PKK Bandarasri
6) Mitra Pelaksanaan PKH
No
Nama Mitra
Keterangan
1.
PKLH
Mengolah Limbah
2.
Kerajinan Buah Sintetis
Membuat buah sintetis
3.
Sahabat Lingkungan
Pengolahan Sampah dan Tanaman
7) Alat (penunjang) pelaksanaan PKH (keterampilan)
Sebutkan sarana yang dapat (menunjang) pelaksanaan PKH (mesin, jahit, alat masak, dsb) yang sudah dimiliki oleh sekolah
No
Nama Alat
Jumlah
Kondisi
Baik
Rusak
Ringan
Rusak
Sedang
Rusak
Berat
1.
Mesin Jahit
5
5
2.
Mesin Bubut
1
1
3.
Kompor
4
4
4.
Oven
2
1
1
5.
Blender
1
1
6.
Mixer
1
1
7.
Wonder Dam
1
1
8.
Pemanggang
1
1
9.
Peralatan Makan
2 set
2
10.
Peralatan Masak
2 set
2
8) Pengalaman Menyelenggarakan PKH
Bila sekolah telah menyelenggarakan PKH, sebutkan jenis, jumlah peserta dan hasil evaluasi penyhelenggaraan PKH tersebut oleh Direktorat PSMP dan/atau lembaga lainnya, termasuk SMP yang bersangkutan
No
Jenis PKH
Dilaksanakan sejak tahun
Jumlah Peserta
Hasil Evaluasi *)
Ket
2004/5
2005/6
2006/7
1.
Pengolah Limbah
2003
36
36
36
Baik
2.
Buah sintetis
2005
36
36
Baik
3.
Buat jamu
2003
36
36
36
Baik
4.
Pengolah Sampah
2003
42
42
42
Baik
*) Hasil evaluasi dinyatakan dengan sebutan Sangat baik, baik, cukup, kurang, buruk
21. INVENTARIS LABORATORIUM IPA
No
Jenis
Jml
Kondisi
Kualitas/Fungsi
Keterangan
Baik
Buruk
Layak
Tidak Layak
Prasarana
1
Ruang Praktek
1
1
1
2
Ruang Persiapan
1
1
1
3
Ruang penyimpanan alat dan bahan
1
1
1
4
Ruang gudang
1
1
1
5
Meja Laboratorium
10
10
10
6
Wastafel
7
Saluran dan instalasi air bersih
8
Saluran dan instalasi air kotor
9
Saluran dan instalasi listrik
5
5
5
11
Sirkulasi Udara
24
24
24
12
Sistem pencahayaan
24
24
24
Alat Pratikum
1
Adjustable lancing device
1
1
1
2
Akuarium
1
1
1
3
Alat bedah
7
7 set
7 set
4
Alat boyle
9
6
3
6
3
5
Auksanometer
2
2
2
6
Barometer aneroid
2
2
2
7
Baterai 1,5 v besar
6
6
6
8
Baterai 9 v kotak
4
4
4
9
Baterai aa
2
2 set
2 set
10
Beaker glass plastic 1 liter
12
12
12
11
Beaker glass plastic 80 ml
8
8
8
12
Beaker glass 250 ml
18
18
18
13
Beaker glass 100 ml
14
14
14
14
Beban 5 gram
7
7
7
15
Beban 10 gram
1
1
1
16
Beban 20 gram
7
7
7
17
Beban 30 gram
7
7
7
18
Beban 50 gram
29
29
29
19
Beban 100 gram
1
1
1
20
Beban 1000 gram
30
30
30
21
Bejana berhubungan
7
6
1
6
1
22
Bejana kapiler
4
3
1
3
1
23
Bimetal
5
5
5
24
Bohlamp 12 v
2
2
2
25
Bohlamp 12 v 3 w
2
2
2
26
Bohlamp 2,5 v
9
9
9
27
Bohlamp 3,5 v
3
3
3
28
Bola langit
1
1
1
29
Boshead
75
75
75
30
Box slides plastic
2
2
2
31
Bunsen
10
10
10
32
Carta angin laut dan angin darat
1
1
1
33
Carta darah dan peredarn darah
1
1
1
34
Carta hukum mendel
1
1
1
35
Carta jaringan tumbuhan
1
1
1
36
Carta metode penyerbukan
1
1
1
37
Carta otot – otot manusia
1
1
1
38
Carta pencernn mknan manusia
1
1
1
39
Carta perk. Hwn rendah genrtif
1
1
1
40
Carta perk. Tingk tinggi genrtif
1
1
1
41
Carta perk. Tumbh. Generatif
1
1
1
42
Carta perk. Tumbh. Vegetatif
1
1
1
43
Carta pernafasan manusia
1
1
1
44
Carta sist. Alat reprod. Amphibi
1
1
1
45
Carta sist. Alat reprod. Burung
1
1
1
46
Carta sist. Alat reprod. Ikan hiu
1
1
1
47
Carta sist. Alat reprod. Manusia
1
1
1
48
Carta sistem alat reprod. Reptil
1
1
1
49
Carta sistem periodik
1
1
1
50
Cawan 100 ml
18
18
18
51
Cawan 125 ml
10
10
10
52
Cawan 75 ml
2
2
2
53
Dinamometer
1
1
1
54
Diode 1n 4002
10
10
10
55
Diode 1n 5399
9
9
9
56
Fuse box
1
1
1
57
Galvanometer
2
2
2
58
Garputala pada kotak
4
4
4
59
Gelas arloji
14
14
14
60
Globe
1
1
1
61
Hambatan geser
4
4
4
62
Bohlamp 12 v 3 w
2
2
2
63
Hydrometer
1
1
1
64
Jangka sorong
6
6
6
65
Jarum suntik
4
4
4
66
Jas laboratorium
2
2
2
67
Jembatan wheatstone
3
3
3
68
Kaki 3
39
39
39
69
Kasa asbes
10
10
10
70
Kipas angin
2
2
2
71
Kit engineering
3
2
1
2
1
72
Kit listrik
5
4
1
4
1
73
Kit maintenance mikroskop
1
1
1
74
Kit mekanika
5
5
5
75
Kit nutrisi
2
2
2
76
Kit optic
6
5
1
5
1
77
Kit panas dan hidrostatika
6
5
1
5
1
78
Klem universal
13
13
13
79
Kompas
1
1
1
80
Komputer
1 Set
1 Set
1 Set
81
Kotak genetika 5 warna
8
8
8
82
Kuadrat, fleksible tipe lipat
83
Kubus material
8
8
8
84
Kursi laboratorium
37
37
37
85
Labu erlemeyer
60
60
60
86
Lancet
2
2 Kotak
2 Kotak
87
Lilin mainan (malam)
4
4
4
88
Lup
3
3
3
89
Meja laboratorium
9
9
9
90
Micrometer
3
3
3
91
Mikroskop
30
15
15
15
15
92
Mobil –mobilan
1
1
1
93
Model batuan
4
3
1
3
1
94
Model ginjal
1
1
1
95
Model jantung
1
1
1
96
Model jaringan kulit
1
1
1
97
Model kepala dan otak
1
1
1
98
Model mata
2
1
1
1
1
99
Model molekul
7
6
1
6
1
100
Model peredaran darah
1
1
1
101
Model susunan saraf
1
1
1
102
Model telinga
2
1
1
1
1
103
Model tubuh pria
2
2
2
104
Model tubuh wanita
2
1
1
1
1
105
Mortar
9
9
9
106
Motor listrik
5
5
5
107
Multimeter digital
2
2
2
108
Multitester
4
4
4
109
Muschenbroek
7
1
6
1
6
110
Neraca 3 lengan
4
4
4
111
Neraca 4 lengan
7
1
8
1
8
112
Papan tulis
1
1
1
113
Penggaris kayu 1 m
6
6
6
114
Penghubung selang bentuk y
3
3
3
115
Pengukur Ph
1
1
1
116
Penjepit reaksi
15
10
5
10
5
117
Pinset
6
6
6
118
Pipet tetes
154
154
154
119
Planetarium
3
1
2
1
2
120
Pointer
4
4
4
121
Power supply
6
4
2
4
2
122
Rak tabung reaksi
28
20
8
20
8
123
Resistor 1MΩ
9
9
9
124
Resistor 220 kΩ
10
10
10
125
Resistor 22kΩ
10
10
10
126
Resistor 37kΩ
10
10
10
127
Resistor 39 kΩ
20
20
20
128
Resistor 47Ω
10
10
10
129
Resistor 56Ω
20
20
20
130
Respirometer
8
8
8
131
Sabit
2
2
2
132
Slinky
3
3
3
133
Solar system
4
1
3
1
3
134
Sonometer
2
2
2
135
Sphygmomanometer
6
5
1
5
1
136
Stetoscope
6
6
6
137
Tabung reaksi kecil
531
531
531
138
Tabung reaksi sedang
348
348
348
139
Tabung ukur 100 ml
11
11
11
140
Tabung ukur 1000 ml
2
2
2
141
Tabung ukur 10ml
9
9
9
142
Tabung ukur 25 ml
8
8
8
143
Tabung ukur 250 ml
3
3
3
144
Tabung ukur 50 ml
6
6
6
145
Tensi darah otomatis
2
2
2
146
Termometer ruang
2
2
2
147
Termometer badan
1
1
1
148
Termometer suhu
12
6
6
6
6
149
Termometer tak berskala
17
10
7
10
7
150
Torso atau kerangka manusia
1
1
1
1
1
151
Trigonal klip
3
3 kotak
3 kotak
152
Trolly
7
7
7
22. INVENTARIS PERALATAN LABORATORIUM BAHASA
No
Peralatan
Jml
Kondisi
Kualitas/Fungsi
Keterangan
Baik
Buruk
Layak
Tidak Layak
1
Master Console
1
1
1
2
Booth Siswa
40
40
40
3
Headset Siswa
40
40
40
4
Room speaker
2
2
2
5
TV
1
1
1
6
Komputer
1
1
1
7
Kursi guru
1
1
1
8
Kursi siswa
48
48
48
9
Almari/rak
1
1
1
10
Papan tulis
1
1
1
11
AC/Kipas angin/exhaust fan
4
4
4
12
Lainnya : .........
23. INVENTARIS LABORATORIUM KOMPUTER
No
Jenis
Jml
Kondisi
Kualitas/Fungsi
Keterangan
Baik
Buruk
Layak
Tidak Layak
Prasarana
1
Ruang Praktek
1
1
1
2
Ruang Persiapan
3
Ruang penyimpanan
4
Ruang gudang
5
Meja Laboratorium Komputer
12
12
12
6
Kursi Laboratorium Komputer
7
Saluran dan instalasi Listrik
1
1
1
8
Sirkulasi Udara
2
2
2
AC
9
Sistem Pencahayaan
2
2
2
10
Komputer saling terhubungkan dengan jaringan
18
18
18
11
Jaringan Internet
1
1
1
12
Ketersediaan Daya Listrik
30.000 Watt
Alat Pratikum Komputer
1
Komputer
a
Intel Pentium I
b
Intel Pentium II
c
Intel Pentium III
18
18
18
d
Intel Pentium IV
1
1
1
e
Lainnya
2.
Printer
a
Dot Matriks A4
1
1
1
b
Dot Matriks A3
c
Ink Jet A4
1
1
1
d
Ink Jet A3
e
Color Ink Jet
2
2
2
f
Laser Jet A4
2
1
1
1
1
g
Laser Jet A3
h
Color Laser Jet
1
1
1
3
Scanner
3
3
4
Stabilizer
18
18
18
No
Jenis
Jml
Kondisi
Kualitas/Fungsi
Keterangan
Baik
Buruk
Layak
Tidak Layak
1
Sumber Daya Manusia
Jumlah
a
Berapa orang guru yang menguasai komputer?
50
b
Berapa orang staf yang menguasai komputer?
6
c
Berapa orang guru/staf yang pernah belajar komputer (kursus/kuliah/dll)?
60
d
Berapa Tenaga Teknis/Laboran komputer
2
24. Inventaris Ruang Multi Media
No
Jenis
Jml
Kondisi
Kualitas/Fungsi
Keterangan
Baik
Buruk
Layak
Tidak Layak
Prasarana
1
Komputer Seleron saling terhubung dengan jaringan
25
25
25
2
Meja Komputer
25
25
25
3
Kursi
25
25
25
4
LCD
3
3
3
5
Layar
3
3
3
6
Laptop
5
5
5
7
Meja LCD
1
1
1
8
TV 29 inch
2
2
2
9
Scaner
2
2
2
10
AC
2
2
2
11
Jaringan Internet
1
1
1
12
Speaker Aktif
1
1
1
13
Etalase
3
3
3
BAB IV
KALENDER PENDIDIKAN SMP NEGERI 1 NGORO
TAHUN PELAJARAN 2010 - 2011
JULI 2010
TANGGAL
URAIAN KEGIATAN
4
11
18
25
1 s.d. 10
Libur semester genap Tahun Pembelajaran 2009-2010
5
12
19
26
12
Hari pertama masuk
6
13
20
27
12 s.d. 24
MOS / Matrikulasi
7
14
21
28
1
8
15
22
29
2
9
16
23
30
3
10
17
24
31
AGUSTUS 2010
TANGGAL
URAIAN KEGIATAN
1
8
15
22
29
10 s.d.12
Libur Awal Puasa
2
9
16
23
30
17
Upacara HUT RI
3
10
17
24
31
13 s.d 27
Pondok Ramadhan
4
11
18
25
28 s.d 31
Efektif Fakultatif
5
12
19
26
6
13
20
27
7
14
21
28
SEPTEMBER 2010
TANGGAL
URAIAN KEGIATAN
5
12
19
26
1 s.d 4
Efektif Fakultatif
6
13
20
27
6 s.d. 18
Libur Hari Raya Idul Fitri
7
14
21
28
20
Masuk KBM
1
8
15
22
29
2
9
16
23
30
3
10
17
24
4
11
18
25
OKTOBER 2010
TANGGAL
URAIAN KEGIATAN
3
10
17
24/31
16 s.d. 23
Ujian Tengah Semester
4
11
18
25
5
12
19
26
6
13
20
27
7
14
21
28
1
8
15
22
29
2
9
16
23
30
NOPEMBER 2010
TANGGAL
URAIAN KEGIATAN
7
14
21
28
1
Bimbingan Belajar Kelas IX
1
8
15
22
29
17
Libur Hari Raya Idul Adha 1430 H
2
9
16
23
30
3
10
17
24
4
11
18
25
5
12
19
26
6
13
20
27
DESEMBER 2010
TANGGAL
URAIAN KEGIATAN
5
12
19
26
6 s.d 13
Ulangan Semester Ganjil
6
13
20
27
14 s.d 18
Remidi
7
14
21
28
20 s.d 23
Penulisan Raport
1
8
15
22
29
24
Pembagian Raport Semester Ganjil
2
9
16
23
30
25
Libur Hari Raya Natal
3
10
17
24
31
27 s.d 31
Libur Semester Ganjl
4
11
18
25
JANUARI 2011
TANGGAL
URAIAN KEGIATAN
2
9
16
23/30
1
Libur Tahun Baru Masehi
3
10
17
24/31
3
Awal KBM Semester Genap
4
11
18
25
17 s.d 20
Try Out I Kelas IX
5
12
19
26
6
13
20
27
7
14
21
28
1
8
15
22
29
PEBRUARI 2011
TANGGAL
URAIAN KEGIATAN
6
13
20
27
3
Tahun Baru Imlek 2561
7
14
21
28
16
Maulid Nabi Muhammad SAW
1
8
15
22
21 s.d 26
Try Out II Kelas IX
2
9
16
23
3
10
17
24
4
11
18
25
5
12
19
26
MARET 2011
TANGGAL
URAIAN KEGIATAN
6
13
20
27
1 s.d 4
Try Out III Kelas IX
7
14
21
28
3
Kelas VII Study Tour
1
8
15
22
29
4
Kelas VIII Study Tour
2
9
16
23
30
5
Libur Hari Raya Nyepi
3
10
17
24
31
14 s.d 19
Ulangan Sumatif Kelas IX
4
11
18
25
28 s.d 31
Prediksi UN
5
12
19
26
APRIL 2011
TANGGAL
URAIAN KEGIATAN
3
10
17
24
4 s.d 7
Ujian Susulan
4
11
18
25
5 s.d 8
Ujian Praktek
5
12
19
26
18 s.d 21
Ujian Sekolah
6
13
20
27
22
Wafat Isa Al Masih
7
14
21
28
1
8
15
22
29
2
9
16
23
30
MEI 2011
TANGGAL
URAIAN KEGIATAN
1
8
15
22
29
2 s.d 14
Penerimaan Peserta Didik Baru
2
9
16
23
30
17
Hari Raya Waisak
3
10
17
24
31
23 s. d 26
Ujian Ulang Nasional
4
11
18
25
28 s. d 31
Test PPDB
5
12
19
26
6
13
20
27
7
14
21
28
JUNI 2011
TANGGAL
URAIAN KEGIATAN
5
12
19
26
1
Test PPDB
6
13
20
27
2
Kenaikan Isa Al Masih
7
14
21
28
4
Pengumuman PPDB
1
8
15
22
29
6 s.d 11
Ulangan Semester Genap Kelas VII dan VIII
2
9
16
23
30
13 s.d 14
Remidi
3
10
17
24
16
Rapat Kenaikan Kelas VII dan VIII
4
11
18
25
28
Penerimaan Rapor
JULI 2011
TANGGAL
URAIAN KEGIATAN
3
10
17
24/31
1 s.d 2
Libur Semester Genap
4
11
18
25
4 s.d 9
PSB
5
12
19
26
11
Awal Masuk KBM Tahun Ajaran 2011-2012
6
13
20
27
7
14
21
28
1
8
15
22
29
2
9
16
23
30
BAB V
PENUTUP
Dalam penyusunan Kurikulum SMP Negeri 1 Ngoro ini diharapkan memberikan kontribusi acuan dan pola dasar bagi penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 1 Ngoro Kabupaten Mojokerto. Keberhasilan suatu program pendidikan sangat tergantung pada perencanaan, penyusunan program pelaksanaan, monitoring dan evaluasi kegiatan serta adanya gugus kendali dan pencapaian mutu pendidikan.
A. Kesimpulan
1. Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik.
2. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan mengacu pada SI dan SKL serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) sebagai amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
3. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMP Negeri 1 Ngoro yang selanjutnya disebut Kurikulum SMP Negeri 1 Ngoro ini disusun sesuai dengan potensi daerah, sosial budaya masyarakat, karakteristik peserta didik di SMP Negeri 1 Ngoro dan tuntutan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengembangan sumber daya manusia peserta didik agar mampu bersaing dalam kehidupan masyarakat internasional karena mulai Tahun Pembelajaran 2007 – 2008 SMP Negeri 1 Ngoro sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional.
4. Keberhasilan pelaksanaan Kurikulum SMP Negeri 1 Ngoro tidak akan tercapai secara maksimal tanpa dukungan aktif segenap unsur terkait, utamanya kesadaran dan tanggung jawab seluruh warga sekolah.
B. Saran.
Apa yang kami lakukan dalam rangka menyusun Kurikulum SMP Negeri 1 Ngoro Kabupaten Mojokerto sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 1 Ngoro sebenarnya masih jauh dari sempuna dan masih perlu perbaikan dan pengembangan melalui pembinaan yang lebih intensif. Dalam upaya penyusunan kurikulum di sekolah kami, dengan kerendahan hati kami mengajukan saran sebagai berikut
1. Perlu pedoman yang lebih terinci dalam penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
2. Perlu ditingkatkan kerja sama sesama warga sekolah, antara warga sekolah dengan instani terkait dalam penyusunan kurikulum dan penyelenggaraan kegiatan pendidikan agar berjalan dengan baik
3. Kritik dan saran dari pemerhati Kurikulum ini selalu kami harapkan demi kesempurnaan penyusunan Kurikulum SMP Negeri 1 Ngoro Kabupaten Mojokerto.
Demikian semoga pelaksanaan Kurikulum SMP Negeri 1 Ngoro Kabupaten Mojokerto dapat berjalan sesuai harapan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar