Sabtu, 29 Oktober 2011

KTSP

BAB I
PENDAHULUAN


A. RASIONAL
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik.

Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam pengembangan kurikulum.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan kurikulum pada KTSP jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu pada SI dan SKL serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP).

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMP Negeri 1 Ngoro yang selanjutnya disebut Kurikulum SMP Negeri 1 Ngoro ini disusun sesuai dengan potensi daerah, sosial budaya masyarakat, karakteristik peserta didik di SMP Negeri 1 Ngoro dan tuntutan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengembangan sumber daya manusia peserta didik agar mampu bersaing dalam kehidupan masyarakat internasional karena mulai Tahun Pembelajaran 2007 – 2008 SMP Negeri 1 Ngoro telah ditetapkan sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI).

B. LANDASAN HUKUM
1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Ketentuan dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 yang mengatur KTSP adalah Pasal 1 ayat (19); Pasal 18 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 32 ayat (1), (2), (3); Pasal 35 ayat (2); Pasal 36 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 37 ayat (1), (2), (3); Pasal 38 ayat (1), (2).
2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Kerentuan dalam PP Nomor 19 Tahun 2005 yang mengatur KTSP adalah Pasal 1 ayat (5), (13), (14), (15); Pasal 5 ayat (1), (2); Pasal 6 ayat (6); Pasal 7 ayat (1), (2), (3), (4), (5), (6), (7), (8); Pasal 8 ayat (1), (2), (3); Pasal 10 ayat (1), (2), (3); Pasal 11 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 13 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 14 ayat (1), (2), (3); Pasal 16 ayat (1), (2), (3), (4), (5); Pasal 17 ayat (1), (2); Pasal 18 ayat (1), (2), (3); Pasal 20.
3. Permen Diknas No 22 tahun 2006, tentang Standart Isi
4. Permen Diknas No 23 tahun 2006,tentang Standar Kelulusan
5. Permen Diknas No 24 tahun 2006 tentang pelaksanaan permen 22 & 23 tahun 2006
6.  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 6 Tahun 2007 tentang Perubahan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006
7.  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah    
8.  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI, Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan
9. Peraturan Bupati Mojokerto No. 25 tahun 2008, tentang Muatan Lokal


C. TUJUAN
Kurikulum SMP Negeri 1 Ngoro ini disusun sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan di SMP Negeri 1 Ngoro Kabupaten Mojokerto.

BAB II
TUJUAN PENDIDIKAN TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN


A. VISI SEKOLAH
BERPRESTASI, SEHAT, BERLANDASKAN IMAN dan TAQWA, BERWAWASAN LINGKUNGAN DAN BERDAYA SAING INTERNASIONAL

Indikator :
1. Terwujudnya lulusan dengan kompetensi bertaraf internasional
2. Terwujudnya kurikulum yang bertaraf internasional
3. Terwujudnya standar tenaga pendidik dan kependidikan yang bertaraf internasional
4. Terwujudnya standar prasarana dan sarana pendidikan sekolah yang relevan dan bertaraf internasional
5. Terwujudnya warga sekolah yang sehat, beriman dan bertaqwa
6. Terwujudnya lingkungan sekolah yang nyaman,aman dan ramah lingkungan
7. Terselenggaranya model pembelajaran yang berbasis lingkungan

B. MISI SEKOLAH
1. Mewujudkan lulusan dengan kompetensi bertaraf internasional
2. Mewujudkan perangkat kurikulum bertaraf internasional
3. Mewujudkan silabus semua mata pelajaran bertaraf internasional
4. Mewujudkan tenaga pendidik dan kependidikan yang memiliki kompetensi bertaraf internasional
5. Mewujudkan fasilitas sekolah yang relevan, memadai dan berwawasan ke depan serta bertaraf internasional
6. Mewujudkan sekolah sehat, beriman dan bertaqwa
7. Mewujudkan lingkungan sekolah yang nyaman,aman dan ramah lingkungan
8. Mewujudkan model pembelajaran yang berbasis lingkungan



PENJABARAN MISI
1. Mewujudkan lulusan dengan kompetensi bertaraf internasional
Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang bertaraf internasional
Melaksanakan penilaian mata pelajaran MIPA dan Bahasa Inggris bertaraf Internasional.
Melaksanakan pengembangan kompetensi lulusan.
Melaksanakan pengembangan materi ajar bertaraf internasional
Melaksanakan pengembangan system penilaian.
2. Mewujudkan perangkat kurikulum bertaraf internasional
Melaksanakan pengembangan kurikulum satuan pendidikan
Melaksankan pengembangan pemetaan kompetensi dasar semua mata pelajaran.
Melaksanakan pengembangan rencana pembelajaran.
Melaksanakan pengembangan system penilaian.
3. Mewujudkan silabus semua mata pelajaran bertaraf internasional
Melaksanakan pengembangan silabus.
Melaksanakan pengembangan metode pengajaran.
Melaksanakan pengembangan strategi pembelajaran
Melaksanakan pengembangan strategi penilaian.
Melaksanakan pengembangan bahan ajar/sumber pembelajaran.
4. Mewujudkan tenaga pendidik dan kependidikan yang memiliki kompetensi bertaraf internasional
Melaksanakan pengembangan profesionalitas guru
Melaksanakan peningkatan kompetensi guru
Melaksanakan peningkatan kompetensi TU dan tenaga kependidikan lainnya
Melaksanakan monitoring dan evaluasi kepada guru, TU dan tenaga kependidikan lainnya.
5. Mewujudkan fasilitas sekolah yang relevan, memadai dan berwawasan ke depan serta bertaraf internasional
Mengadakan dan melengkapi media pembelajaran
Mengadakan sarana prasarana pendidikan.
Melengkapi sarana pendidikan yang memadai
Menata lingkungan belajar sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif.
6. Mewujudkan sekolah sehat, beriman dan bertaqwa
Mengadakan penyuluhan kesehatan kerjasama dengan instansi terkait
Membiasakan pentingnya hidup bersih kepada semua warga sekolah
Mengadakan kultum setiap hari Rabu
Melaksanakan kegiatan sholat Dhuhur berjamaah
Melaksanakan kegiatan sholat jamaah Jum’at
7. Mewujudkan lingkungan sekolah yang nyaman,aman dan ramah lingkungan
Melaksanakan kegiatan pelestarian lingkungan sekolah yang sehat dan asri.
Meningkatkan kesadaran siswa dan warga sekolah akan pentingnya lingkungan.
Mengembangkan manajemen penglolaan lingkungan yang sehat.
8. Mewujudkan model pembelajaran yang berbasis lingkungan
Mengadakan dan mengembangkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.
Memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.

C. TUJUAN PENDIDIKAN TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
1.Sekolah Mengembangkan Kurikulum
A. Mengembangkan kurikulum satuan pendidikan pada tahun 2006 - 2010
B. Mengembangkan pemetaan SK, KD, Indikator untuk kelas 7, 8, 9 pada tahun 2010.
C. Mengembangkan RPP untuk kelas 7, 8, 9 semua mata pelajaran.
D. Mengembangkan sistem penilaian berbasis ICT
2. Sekolah Mencapai Standar Isi (Kurikulum) pada tahun 2010.
a. Pembuatan dokumen kurikulum internasional.







3. Sekolah memiliki/mencapai standart proses pembelajaran meliputi
a. Melaksanakan pembelajaran dengan strategi CTL.
b. Melaksanakan pendekatan belajar tuntas.
c. Melaksanakan pembelajaran inovatif.
d. Peningkatan kualitas Proses Belajar Mengajar yang berbasis ICT dengan berbagai model pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum internasional
4. Sekolah memiliki/mencapai standart pendidikan dan tenaga kependidikan pada tahun 2011.
5. Sekolah memiliki/mencapai standart sarana/prasarana/fasilitas pada tahun 2010.
6. Sekolah memiliki/mencapai standart pengelolaan sekolah.
7. Sekolah memiliki/mencapai standart pencapaian ketuntasan keompetensi/prestasi/ lulusan.
a. Penetapan standar kompetensi lulusan yang bertaraf
internasional
8. Sekolah memiliki/mencapai standart pembiayaan sekolah.
9. Penetapan sistem penilaian dengan standar internasional
















BAB III
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM



A. STRUKTUR KURIKULUM
Struktur kurikulum SMP Negeri 1 Ngoro dikembangkan dari kelompok mata pelajaran sebagai berikut :
1. Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
2. Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
3. Kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
4. Kelompok mata pelajaran estetika
5. Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan
Struktur kurikulum SMP Negeri 1 Ngoro meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai Kelas VII sampai dengan Kelas IX. Struktur kurikulum disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut.
1. Kurikulum SMP Negeri 1 Ngoro memuat 10 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri seperti tertera pada Tabel Struktur Kurikulum.
2. Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal terdiri dari Bahasa Jawa dan Percakapan Bahasa Inggris.
3. Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karir peserta didik.
4. Substansi mata pelajaran IPA dan IPS pada SMP Negei 1 Ngoro merupakan “IPA Terpadu” dan “IPS Terpadu”.
5. Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Satuan pendidikan dimungkinkan menambah maksimum empat jam pembelajaran per minggu secara keseluruhan.
6. Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 40 menit.
7. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34-38 minggu.

Tabel Struktur Kurikulum SMP Negeri 1 Ngoro


No.

Komponen

Kelas dan Alokasi Waktu



VII
VIII
IX
A.
Mata Pelajaran




1. Pendidikan Agama
2
2
2

2. Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2

3. Bahasa Indonesia
4
4
4

4. Bahasa Inggris
6
6
6

5. Matematika
5
5
5

6. Ilmu Pengetahuan Alam
5
5
5

7. Ilmu Pengetahuan Sosial
4
4
4

8. Seni Budaya
2
2
2

9. Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
2
2
2

10. Keterampilan / Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
B.
Muatan Lokal
1. Bahasa Jawa


2

2

2
C.
Pengembangan Diri
a. Intrakurikuler
BK
Lingkungan Hidup
b. Ektrakuruler
c. Bimbingan Karier
d. Karya Ilmiah Remaja (KIR)
e. Olimpiade Matematika
f. Olimpiade Fisika
g. Olimpiade Biologi
h. Olimpiade IPS
i. Debat Bahasa Inggris
j. Ketrampilan buah sistetis
k. Tata Boga
l. Pramuka
m. Teater
n. Yunior Club
o. Green Haouse
p. Berkebun
q. Musik Band
r. Bola Volly
s. Basket
t. Atletik
u. Bela Diri
v. l. Seni Tari
2. Rutin / Terstruktur
a. Upacara Bendera
b. Sholat Jumat
c. Budaya bersih
d. Mengucapkan salam, berjabat tangan dengan guru





Jumlah
38
38
38

Catatan : 1. Penambahan jam Pengayaan pada mata pelajaran :

a. Matematika
b. IPA
c. Bahasa Inggris
B. MUATAN KURIKULUM
1. Mata Pelajaran
a. Pendidikan Agama.
Tujuan : Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia yang mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
b. Pendidikan Kewarganegaraan.
Tujuan : Meningkatkan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.
c. Bahasa Indonesia.
Tujuan : Membina ketrampilan berbahasa secara lisan dan tertulis serta dapat menggunakan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi dan dan sarana pemahaman terhadap IPTEK .
d. Bahasa Inggris.
Tujuan : Membina ketrampilan berbahasa Inggris dan berkomunikasi secara lisan dan tertulis untuk menghadapi perkembangan IPTEK dan mampu bersaing di era globalisasi.
e. Matematika.
Tujuan : Memberikan pemahaman logika dan kemampuan dasar matematika dalam rangka penguasaan IPTEK dan mampu bersaing di era globalisasi.
Pembelajaran matematika disampaikan dengan menggunakan bilingual.

f. Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ).
Tujuan : Memberikan pengetahuan dan ketrampilan untuk menguasai dasar-dasar sains dalam rangka penguasaan IPTEK dan mampu bersaing di era globalisasi.
Pembelajaran IPA disampaikan dengan menggunakan bilingual.
g. Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ).
Tujuan : memberikan pengetahuan sosial kultural masyarakat yang majemuk, mengembangkan kesadaran hidup bermasyarakat serta memiliki ketrampilan hidup secara mandiri.
h. Seni Budaya.
Tujuan : Mengembangkan apresiasi seni, daya kreasi dan kecintaan pada seni budaya Nasional, dapat menikmati dan mensyukuri hidup, serta mengisi kehidupan bermasyarakat sehingga tercipta kebersamaan yang harmonis dan mampu bersaing di era globalisasi.
i. Penjas, Olah Raga dan Kesehatan.
Tujuan : Menanamkan kebiasaan hidup sehat, meningkatkan kebugaran dan ketrampilan dalam bidang olah raga, menanamkan rasa sportifitas, tanggung jawab, disiplin dan percaya diri dan mampu bersaing di era globalisasi.
j. Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ).
Tujuan : Memberikan ketrampilan dalam bidang teknologi informatika dalam menghadapi perkembangan Informasi dan teknologi serta IPTEK dan mampu bersaing di era globalisasi.

2. Muatan Lokal.
a. Bahasa Daerah.
Tujuan : Membina ketrampilan berbahasa Jawa secara lisan dan tertulis dalam rangka mempertahankan nilai-nilai budaya Jawa dalam wujud komunikasi dan apresiasi sastra Jawa.
b. Percakapan Bahasa Inggris
Tujuan : Membina ketrampilan komunikasi berbahasa Inggris untuk menghadapi perkembangan IPTEK dan mampu bersaing di era globalisasi.

3. Kegiatan Pengembangan Diri.
Kegiatan pengembangan diri terdiri dari :
a. Kegiatan Rutin
1. Upacara Bendera
Tujuan : Meningkatkan kedisiplinan dan rasa cinta tanah air.
2. Sholat Jumat
Tujuan : Meningkatkan kebiasaan siswa dalam mengaplikasikan dan menerapkan nilai-nilai ajaran agama guna membentuk manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

3. Budaya bersih
Tujuan : Meningkatkan kesadaran dan kebiasaan akan budaya hidup bersih.
4. Mengucapkan salam, berjabat tangan dengan guru
Tujuan : Meningkatkan kebiasaan dan menanamkan sifat santun dalam kehidupan di lingkungan sekolah.

d. Kegiatan Terprogram
1. Bimbingan Karier
Tujuan : Membimbing pengembangan karir siswa, membantu memecahkan kesulitan belajar siswa, membantu memecahkan masalah dalam kehidupan siswa, membimbing bakat dan minat dan Membimbing pemiliham jenjang pendidikan yang lebih tinggi
2. KIR ( Karya Ilmiah Remaja )
Tujuan : Mengembangkan cara berpikir siswa yang kreatif dan inovatif melalui penelitian dalam pembuatan karya ilmiah dan mampu bersaing di era globalisasi.
3. Olimpiade Matematika
Tujuan : Mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang matematika dan memberikan penguatan penguasaan matematika
4. Olimpiade Fisika
Tujuan : Mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang fisika dan memberikan penguatan penguasaan fisika

5. Olimpiade Biologi
Tujuan : Mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang biologi dan memberikan penguatan penguasaan biologi
6. Olimpiade IPS
Tujuan : Mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang IPS dan memberikan penguatan penguasaan IPS
7. Debat Bahasa Inggris
Tujuan : Mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang debat berbahasa Inggris
8. Keterampilan buah sintetis
Tujuan : Memberikan bekal keterampilan di bidang kerajinan, pemanfaatan teknologi sederhana dan kewirausahaan dan mampu bersaing di era globalisasi.
9. Tata Boga
Tujuan : Memberikan bekal keterampilan di bidang tata Boga, pemanfaatan teknologi sederhana dan kewirausahaan.
10. Pramuka
Tujuan : Menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air, melatih siswa berorganisasi, melatih siswa agar trampil dan mandiri.
11. Teater
Tujuan : Mengembangkan minat dan bakat siswa di bidang teater, menumbuhkan kreatifitas siswa dalam seni peran, menumbuhkan kepekaan dan kepedulian sosial
12. Junior English Club
Tujuan : Meningkatkan keterampilan menulis, membaca dan berkomunikasi dengan berbahasa Inggris, serta mampu bersaing di era globalisasi
13. Green Haouse
Tujuan : Memberikan bekal keterampilan bercocok tanam, dengan intensif dan menggunakan teknologi, serta mampu bersaing di era globalisasi
14. Berkebun
Tujuan : Memberikan bekal keterampilan bercocok tanam, dengan intensif dan menggunakan teknologi
15. Musik Band
Tujuan : Mengembangkan minat dan bakat siswa dalam menggunakan peralatan musik, meningkatkan kreatifitas dan kekompakan bermain dalam group band.
16. Bola Volly
Tujuan : Mengembangkan minat dan bakat siswa di bidang Bola Volly sebagai olah raga prestasi, meningkatkan kualitas kesehatan fisik dan mental siswa, menumbuhkan sikap sportifitas dan mampu bersaing di era globalisasi.
17. Basket
Tujuan : mengembangkan minat dan bakat siswa di bidang basket sebagai olah raga prestasi, meningkatkan kualitas kesehatan fisik dan mental siswa, menumbuhkan sikap sportifitas dan mampu bersaing di era globalisasi.
18. Atletik
Tujuan : mengembangkan minat dan bakat siswa di bidang atletik sebagai olah raga prestasi, meningkatkan kualitas kesehatan fisik dan mental siswa, menumbuhkan sikap sportifitas dan mampu bersaing di era globalisasi.
19. Bela Diri
Tujuan : mengembangkan minat dan bakat siswa di bidang ilmu bela diri, meningkatkan kualitas kesehatan fisik dan mental siswa, meningkatkan kepercayaan diri siswa dan mampu bersaing di era globalisasi.
20. Seni Tari
Tujuan : mengembangkan minat dan bakat siswa di bidang seni tari, menumbuhkan kreatifitas siswa dan mampu bersaing di era globalisasi.






C. PENGATURAN BEBAN BELAJAR

Kelas
Satu jam pemb. tatap muka (menit)
Jumlah jam pemb. Per minggu
Keterangan
VII
40
38

VIII
40
38

IX
40
38



D. KETUNTASAN BELAJAR
Dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik serta sumber daya pendukung pembelajaran maka SMP Negeri 1 Ngoro menentukan kriteria ketuntasan per mata pelajaran pada Tahun Ajaran 2010/2011 seperti pada tabel dibawah ini:

No.
Mata Pelajaran
Target Ketuntasan


Kls 7
Kls 8
Kls 9
1.
Pendidikan Agama
75
76
76
2.
PKn
75
75
75
3.
Bahasa Indonesia
75
75
75
4.
Bahasa Inggris
76
76

5.
Matematika
75
76
78

IPA / Fisika
75
75
75
6.
IPA / Biologi
75
75
75
7.
IPS
78
77
78
8.
Seni Budaya
75
75
75
9.
Pendidikan Jasmani, Olah raga dan kesehatan
75
76
77
10.
Keterampilan / TIK
75
75
75
11.
Muatan Lokal
a. Bahasa Daerah

76
77

E. KENAIKAN KELAS DAN KELULUSAN.
1. Kriteria Kenaikan Kelas :
a. Akademis
1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
2. Memperoleh nilai minimal ketuntasan belajar pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran Agama dan Akhlak Mulia, kelompok Kewarganegaraan dan Kepribadian, Estetika dan kelompok mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan.
3. Memiliki nilai yang kurang dari KKM maksimal 4 mata pelajaran.
b. Non Akademis
1. Nilai perilaku siswa minimal baik.
2. Kehadiran siswa di sekolah minimal 85 %

2. Kriteria Kelulusan:
Peserta didik dinyatakan lulus setelah:
1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
2. Memperoleh nilai minimal ketuntasan belajar pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran Agama dan Akhlak Mulia, kelompok Kewarganegaraan dan Kepribadian, Estetika dan kelompok mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
3. Lulus ujian sekolah untuk kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
4. Lulus Ujian Nasional.
2. Syarat Mutasi Siswa;
A. Mutasi Masuk
1. Surat permohonan dari orang tua / wali murid (bermaterai)
2. Surat keterangan bersedia melepas dari sekolah asal (Sekolah Berstandar Nasional)
3. Rekomendasi dari Dinas Kabupaten (bila mutasi antar provinsi)
4. Rekomendasi dari Kepala Dinas Provinsi (bila mutasi antar Provinsi)
5. Surat pernyataan dari orang tua / wali murid
6. Buku rapor
7. Foto 3X4 sebanyak 2 lembar
8. Foto copy ijasah SD/MI
9. Surat permohonan di terima sebelum pendataan pendaftaran peserta ujian Nasional

B. Mutasi keluar
1. Surat permohonan dari orang tua / wali murid (bermaterai)
2. Surat keterangan bersedia menerima dari sekolah yang dituju
3. Surat pernyataan dari orang tua / Wali murid
4. Surat keterangan bebas adminitrasi
5. Foto 3X4 sebanyak 4 lembar
6. Foto copy buku rapor
7. Surat permohonan diterima minimal pada semester genap untuk kelas VII
8. Surat permohonan diterima maksimal sebelum pendataan pendaftaran peserta ujian Nasional
II. PROFIL SEKOLAH
III.
IV.
V. 1. Nama Sekolah : SMP NEGERI 1 NGORO
VI. 2. No. Statistik Sekolah : 201.050.311.054
VII. 3. Tipe Sekolah : A
VIII. 4. Alamat Sekolah : Jl. Raya Jasem No. 3
IX. : (Kecamatan) Ngoro
X. : (Kabupaten) Mojokerto
XI. : (Propinsi) Jawa Timur
XII. 5. Telepon/Fax : (0321) 6819726
XIII. 6. Status Sekolah : Negeri
XIV. 7. Nilai Akreditasi Sekolah : 94.03
XV.
XVI. 8. Data Siswa 5 (lima tahun terakhir) :
XVII.
Th
Pelajaran
Jml
Pendaftar
Kelas VII
Kelas VIII
Kelas IX
Jumlah


Jml Siswa
Jml Rombel
Jml Siswa
Jml Rombel
Jml Siswa
Jml Rombel
Jml Siswa
Jml Rombel
2005/2006
412
216
7
234
7
296
7
746
21
2006/2007
425
244
7
208
7
225
7
678
21

2007/2008

456
179
5
241
7
206
7

673

21


47
2
(RSBI)







2008/2009

450
180
6
180
5
240
7

685

22


46
2 (RSBI)
47
2
(RSBI)





2009/2010

457
160
5
179
6
176
5

680

23


72
3
(RSBI)
46
2
(RSBI)
47
2
(RSBI)



2010/2011

121

91


8
(RSBI)
160
5
179
6

543

24




67
3
(RSBI)
46
2
(RSBI)


XVIII.
XIX. 9. Pendidik dan Tenaga Kependidikan
XX. a. Kepala sekolah
No
Jabatan
Nama
Jenis Kelamin
Usia
Pend.
Akhir
Masa Kerja



L
P



1.
Kepala Sekolah
Drs. AMIN SUUDI, M.Pd
L

52
S2
22
2.
Wk Kep. Sek.
MUHAJIR, S.Pd.
L

50
S1
26
XXI.
XXII.
XXIII.
XXIV.
XXV. b. Guru
XXVI. 1. Kualitas Pendidikan, Status, Jenis Kelamin, dan Jumlah
No
Tingkat Pendidikan
Jumlah dan Status Guru
Jumlah


GT/PNS
GTT/Guru Bantu



L
P
L
P

1.
S3/S2
3
2


5
2.
S1
18
26
3
3
50
3.
D-4





4.
D3/Sarmud


1

1
5.
D2





6.
D1





7.
SMA/Sederajat





Jumlah
20
28
4
3
55
XXVII.
XXVIII. 2. Jumlah guru dengan tugas mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikan (keahlian)
XXIX.
No
Guru
Jumlah guru dengan latar belakang
Pendidikan sesuai dengan tugas
Mengajar
Jumlah guru dengan latar belakang
Pendidikan yang TIDAK sesuai
Dengan tugas mengajar
Jumlah


D1/D2
D3/
Sarmud
S1/D4
S2/S3
D1/D2
D3/
Sarmud
S1/D4
S2/S3

1.
IPA


7





7
2.
Matematika


4
1


1

6
3.
Bahasa Indonesia


5
1


1

7
4.
Bahasa Inggris


6





6
5.
Pendidikan Agama


3





3
6.
IPS


5
3




8
7.
Penasorkes


3





3
8.
Seni Budaya


1



1

2
9.
PKn


4





4
10.
TIK/Keterangan


1



2

3
11.
BK


2



2

4
12.
Lainnya : ………..
Bhs. Daerah





2





1



3
Jumlah


42
4


9

56
XXX.
XXXI.
XXXII. 3. Pengembangan kompetensi/profesionalisme guru
XXXIII.
No
Jenis Pengembangan Kompetensi
Jumlah Guru yang telah mengikuti kegiatan pengembangan
Kompetensi/profesionalisme


Laki-laki
Jumlah
Perempuan
Jumlah
1.
Penataran KBK/KTSP
24

31
55
2.
Penataran Metode Pembelajaran
(termasuk CTL)
24

31
24
3.
Penataran PTK
11

-
11
4.
Penataran Karya Tulis Ilmiah
8

4
12
5.
Sertifikasi Profesi/Kompetensi
8

14
22
6.
Penataran PTBK
15

10
25
7.
Penataran Lainnya : ………….
MGMP
Whork Shop KTSP

24
24


31
31

55
55
XXXIV.
XXXV.
XXXVI. 4. Prestasi Guru
No
Jenis Lomba
Perolehan Kejuaraan 1 sampai 3 dalam 3 tahun terakhir


Tingkat
Jumlah Guru
1.
Lomba PTK
Nasional



Provinsi



Kab/Kota

2.
Lomba Karya Tulis Inovasi Pembelajaran
Nasional



Provinsi



Kab/Kota
3
3.
Lomba Guru Berprestasi
Nasional



Provinsi



Kab/Kota
1
4.
Lomba Lainnya :

Nasional



Provinsi



Kab/Kota

XXXVII. c. Tenaga Kependidikan : Tenaga Pendukung
XXXVIII.
No
Tenaga Pendukung
Jumlah tenaga pendukung dan kualifikasi pendidikannya
Jumlah tenaga pendukung berdasarkan status dan jenis kelamin
Jumlah


SMP
SMA
D1
D2
D3
S1
PNS
Honorer









L
P
L
P

1.
Tata Usaha

5



1
3
2

1
6
2.
Perpustakaan

1





1


1
3.
Laboran Lab IPA





1



1
1
4.
Teknisi Lab. Komputer

2






2

2
5.
Laboran Lab. Bahasa











6.
PTD (Pend. Tek. Dasar)











7.
Kantin

1







1
1
8.
Penjaga Sekolah
3







3

3
9.
Tukang Kebun
2
2






4

4
10.
Keamanan
1









1
11.
Lainnya : ………………












Jumlah
6
11



2
3
3
7
3
17
XXXIX.
XL.
XLI.
XLII. 10. a) Data Ruang Belajar (Kelas)
Kondisi
Jumlah dan Ukuran
Jml. Ruang lainnya yang digunakan untuk R. Kelas
(e)
Jumlah ruang yang digunakan untuk R. Kelas
(f) = (d+e)

Ukuran
7x9 m2 (a)
Ukuran
> 63m2 (b)
Ukuran
< 63m2 (c) Jumlah (d) = (a+b+c) Baik 22 7 x 9 1 ruang yaitu: Keterampilan 23 Rsk ringan Rsk sedang Rsk berat Rsk total XLIII. XLIV. Keterampilan Baik Kerusakan < 15% Rusak ringan 15% - < 30% Rusak sedang 30% - < 45% Rusak berat 45% - 65% Rusak total > 65%
XLV.
XLVI. b) Data Ruang Belajar Lainnya
Jenis Ruangan
Jumlah
(buah)
Ukuran
(pxl)
Kondisi *)
Jenis Ruangan
Jumlah
(buah)
Ukuran
(pxl)
Kondisi
1. Perpustakaan
1
7x12
Baik
6. Lab. Bahasa
1
7x9
Baik
2. Lab. IPA
2
7x12
Rusak ringan
7. Lab. Komputer
1
7x9
Baik
3. Keterampilan
-


8. PTD



4. Multimedia
1
7x9
Baik
9. Serbaguna/Aula
1
12x20
Baik
5. Kesenian
1
5x7
Baik
10. ……………..



XLVII.
XLVIII.
XLIX.
L.
LI.
LII. c) Data Ruang Kantor
Jenis Ruangan
Jumlah
(buah)
Ukuran
(pxl)
Kondisi *)
1. Kepala Sekolah
1
8x6
Baik
2. Wakil Kepala Sekolah



3. Guru
1
8x13
Baik
4. Tata Usaha
1
8x6
Baik
5. Tamu
1
3x8
Baik
Lainnya : ……………..



LIII.
LIV.
LV. d) Data Ruang Penunjang
Jenis Ruangan
Jumlah
(buah)
Ukuran
(pxl)
Kondisi *)
Jenis Ruangan
Jumlah
(buah)
Ukuran
(pxl)
Kondisi
1. Gudang
2
4x6
baik
11. Ibadah
1
15x8
baik
2. Dapur
1
6x5
baik
12. Ganti
3
2x2
baik
3. Reproduksi



13. Koperasi
1
4x7
baik
4. KM/WC Guru
5
3x2
baik
14. Hall/Lobi



5. KM/WC Siswa
21
3x2
baik
15. Kantin
4
4x3
baik
6. BK
1
7x5
baik
16. Rumah Pompa/
Menara air
7

baik
7. UKS
1
8x15
baik
17. Bangsal
Kendaraan
1
12x20
Rusak
sedang
8. PMR/Pramuka
1
4x7
baik
18. Rumah Penjaga



9. OSIS
1
6x3
baik
19. Pos Jaga
1
2x2
baik
10. Ruang Adiwiyata
1
6x5
baik
20. Aula
1
12x20
baik
LVI.
LVII. 11. Lapangan Olahraga dan Upacara
Lapangan
Jumlah
(buah)
Ukuran (pxl)
Kondisi
Keterangan
1. Lapangan Olahraga
a. Lap. Basket
b. Lap. Bola Volly
c. Lompat Jauh
d. Bulu tangkis

1
1
1
2

14x30
6x12
3x6
6x8

Baik
Baik
baik
Baik

2. Lapangan Upacara
1
60x50
10%

LVIII.
LIX. 12. Kepemilikan Tanah : pemerintah/yayasan/pribadi/menyewa/menumpang*)
LX. Status Tanah : SHM/HGB/Hak Pakai/Akte Jual Beli/Hibah*)
LXI. Luas Tanah Terbangun : 20.000 m2
LXII. Luas Tanah Siap Bangun : 8.096 m2
LXIII. Luas Lantai Atas Siap Bangun : 2.000 m2
LXIV.
LXV. *) Coret yang tidak perlu
LXVI. Lampirkan rencana tapak (site plan) sekolah skalatis (berskala) dengan ukuran kertas minimal A4.
LXVII.
LXVIII.
LXIX.
LXX.
LXXI.
LXXII.
LXXIII. 13. Perabot (furniture) utama
LXXIV. a. Perabot ruang kelas (belajar)
No
Jumlah Ruang Kelas
Perabot


Jumlah dan kondisi meja siswa
Jumlah dan kondisi kursi siswa
Almari + rak buku/alat
Papan tulis


Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
1.
22
425
360
65
-
950
88
137
-
22
22

-
22
22


LXXV.
LXXVI. b. Perabot ruang belajar lainnya
No
Ruang
Perabot


Meja
Kursi
Almari + Rak Buku/Alat
Lainnya


Meja
Kursi
Almari + Rak Buku/Alat
Lainnya


Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
1.
Perpustakaan
5
5


40
40


17
17






2.
Lab. IPA
11
11


37
37


7
3
4





3.
Keterampilan
















4.
Multimedia
25
25


25
25


1
1






5.
Lab. Bahasa
36
36


36
36


1
1






6.
Lab. Komputer
15
15






1
1






7.
Serbaguna
1
1


175
175










8.
Kesenian
1
1


7
7


1
1






9.
PTD
















10.
Lainnya : …….

















c. Perabot ruang kantor
No
Ruang
Perabot


Meja
Kursi
Almari + Rak Buku/Alat
Lainnya


Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
1.
Kepala Sekolah
3
3


8
8


2
2






2.
Wakil Kepala Sekolah
















3.
Guru
56
56


58
58


1
1






4.
Tata Usaha
10
10


10
10


3
3






5.
Tamu




4
4










6.
Lainnya ……..





















d. Perabot ruang penunjang
No
Ruang
Perabot


Meja
Kursi
Almari + Rak Buku/Alat
Lainnya


Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
Jumlah
Baik
Rsk. Ringan
Rsk. Berat
1.
BK
5
5


9
9


3
3






2.
UKS
4
4


5
5


2
2


4
4


3.
PMR/Pramuka
1
1


1
1


2


2
5

5

4.
OSIS
1


1
2


2
1







5.
Gudang
4
1
1
2












6.
Ibadah








2
2


4
4


7.
Koperasi
2
2


2
2


2
2






8.
Hall/lobi




2
2










9.
Kantin
4
4


24
24


4
4






10.
Pos jaga
1
1


1
1










11.
Reproduksi
















12.
Lainnya ……..

















14. Koleksi Buku Perpustakaan
No
Jenis
Jumlah
Kondisi



Rusak
Baik
1.
Buku siswa/pelajaran (semua mata pelajaran)
12.621
6.221
6.400
2.
Buku bacaan (misalnya novel, buku ilmu pengetahuan dan teknologi dsb)
898
428
470
3.
Buku referensi (misalnya kamus, ensiklopedia, dsb)
223
58
165
4.
Jurnal



5.
Majalah
150
42
108
6.
Surat Kabar
1

1
7.
Lainnya : …………………………



Total
354
100
254

15. Fasilitas Penunjang Perpustakaan
No
Jenis
Jumlah / Ukuran / Spesifikasi
1.
Komputer
10
2.
Ruang Baca
1 (6 x 5)
3.
TV
2
4.
LCD
1
5.
VCD/DVD Player
1
6.
Lainnya : ………………….






16. Alat/Bahan di Laboratorium/Ruang Keterampilan/Ruang Multimedia
No
Alat/Bahan
Jumlah, kualitas, dan kondisi alat/bahan *)


Jumlah
Kualitas
Kondisi


< 25% dr keb 25%-50% dr keb 50%-75% dr keb 75%-100% dr keb Kurang Cukup Baik Sangat baik Rusak berat Rusak ringan Baik 1. Lab IPA    2. Lab. Bahasa    3. Lab. Computer    4. Keterampilan 5. PTD 6. Kesenian    7. Multimedia *) Lampirkan daftar alat pada laboratorium/ruang dengan spesifikasi teknisnya 17. Prestasi sekolah/siswa dua (2) tahun terakhir a. Prestasi Akademik : NUAN No Tahun Pelajaran Rata-rata NUAN Bhs. Indonesia Matematika Bahasa Inggris IPA Jumlah Rata-rata Tiga Mapel 1. 2006/2007 8,50 8,62 8,50 25,62 8,54 2. 2007/2008 7,85 8,79 8,39 9,20 34,23 8,55 3. 2008/2009 8,51 9,42 9,41 9,13 36,47 9,12 Prestasi Akademik Peringkat Rerata NUAN No Tahun Pelajaran Peringkat Tingkat Kecamatan (Rayon) Tingkat Kab/Kota Tingkat Propinsi Sek. Negeri Sek. Swasta Sek. Negeri dan Swasta Sek. Negeri Sek. Swasta Sek. Negeri dan Swasta Sek. Negeri Sek. Swasta Sek. Negeri dan Swasta 1. 2006/2007 1 1 2 2 2. 2007/2008 1 1 1 2 3. 2008/2009 1 1 2 2 b. Prestasi Akademik : Nilai Ujian Sekolah (US) No Mata Pelajaran Rata-rata Nilai US Tahun 2007/2008 Tahun 2008/2009 1. Pendidikan Agama 8,25 8,50 2. PKn 8,86 8,02 3. IPS 8,64 8,66 4. Penjaskes 8,15 8,25 5. Kertakes 8,69 8,70 6. Mulok Komputer 8,56 8,60 7. Mulok Bhs. Daerah 7,55 7,80 8. Mulok English Conversation 7,50 7,85 9. c. Angka Kelulusan dan Melanjutkan No Tahun Ajaran Jumlah Kelulusan dan Kelanjutan Studi Jumlah Peserta Ujian Jumlah Lulus % Kelulusan % Lulusan yang melanjutkan pendidikan % Lulusan yang TIDAK melanjutkan pendidikan 1. 2006/2007 225 225 100% 100 2. 2007/2008 205 205 100% 100 3. 2008/2009 230 230 100% 100 d. Perolehan Kejuaraan/Prestasi Akademik, Lomba-lomba No Nama Lomba Tahun 2008/2009 Tahun 2009/2010 Juara Ke Tingkat Juara Ke Tingkat Kab/ Kota Propinsi Nasio nal Kab/ Kota Propinsi Nasio nal 1. Olimpiade Fisika 2  1  2. Pelajar Teladan 2  3 Olimpiade Biologi 1  4 Olimpiade Matematika 3  e. Perolehan Kejuaraan/Prestasi Non Akademik No Nama Lomba Tahun 2007/2008 Tahun 2005/2006 Juara Ke Tingkat Juara Ke Tingkat Kab/ Kota Propinsi Nasio nal Kab/ Kota Propinsi Nasio nal 1. Kader UKS 1  1  2. Band 2  3. Tolak peluru 1  4. 5. 6. 7. 8. 9. f. Jumlah dan Prosentase Sisa drop-ou No Kelas Jumlah dan Prosentase Siswa Drop-Out 2005/2006 2006/2007 2007/2008 2008/2009 1. VII - - - - 2. VIII - - - - 3. IX - - - - Total % 18. Sumber Dana 2 (dua) tahun terakhir No Sumber Dana Tahun 2007/2008 Tahun 2008/2009 Tahun 2009/2010 1. Rutin 2. APBD Kab/Kota 100.000.000 193.180.000 3. APBD Propinsi 100.000000 125.000.000 100.000.000 4. BOS 239.304.000 384.180.000 379.709.000 5. Komite Sekolah/Orang Tua siswa (jumlah keseluruhan iuran bulanan dan sumbangan pendidikan bagi siswa baru) 143.895.000 239.310.000 592.688.000 6. School Grant 400.000.000 300.000.000 300.000.000 7. Grant Pendidikan Kecakapan Hidup 8. Subsidi Imbal Swadaya 70.000.000 Lain-lain : ....................... Jumlah 883.199.000 1.218.844.000 1.265.577.000 19. Alokasi Dana 2 (dua) tahun terakhir No Jenis Pembiayaan Tahun 2007/2008 (Rupiah) Tahun 2008/2009 (Rupiah) Tahun 2009/20010 (Rupiah) 1. Investasi 250.000.000 345.000.000 306.477.000 2. Operasional .424.699.000 657.200.000 728.500.000 3. Personal 208.500.000 226.644.000 230.600.000 Jumlah 883.199.000 1.218.844.000 1.265.577.000 20. Lain-lain a. Alasan lulusan SMP tidak melanjutkan ke SMA/SMK/sederajat No Alasan tak melanjutkan Urutan alasan dari yang paling utama dengan memberi nomor 1 s.d 9 *) 1. SMA/SMK/sederajat yang ada terlalu jauh/tak terjangkau 2. Tidak mampu membiayai 3. Transportasi sulit/mahal 4. Kondisi geografis (medan sulit) 5. Daerahnya terpencil 6. Pendidikan dipandang kurang penting 7. Bekerja 8. Menikah 9. Lain-lain, sebutkan b. Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang tua Siswa 1) Pekerjaan orang tua / wali siswa No Pekerjaan Prosentase 1. PNS 15 2. TNI/POLRI 10 3. Petani 29 4. Swasta 33 5. Nelayan - 6. Politisi (misalnya anggota DPRD) - 7. Perangkat Desa 0,5 8. Pedagang 12,5 ... ... ... 2) Penghasilan orang tua / wali (gabungan kedua orang tua) siswa No Penghasilan Prosentase 1. Kurang dari Rp. 500.000,- 5 2. Antara Rp. 500.000,- s.d Rp. 1.000.000,- 25 3. Antara Rp. 1.000.000,- s.d Rp. 1.500.000,- 30 4. Antara Rp. 1.500.000,- s.d Rp. 2.000.000,- 30 5. Lebih dari Rp. 2.000.000,- 10 3) Tingkat kesejahteraan orang tua/wali siswa No Tingkat Kesejahteraan Prosentase 1. Pra sejahtera 5 2. Sejahtera I 55 3. Sejahtera II 30 4. Purna sejahtera 10 4) Guru PKH (keterampilan) di SMP yang bersangkutan No Nama Lengkap (termasuk gelar) Usia Pendidikan Status Penga-laman kerja (tahun) Gol Ket Tertinggi Jurusan PNS GTT, dsb Guru Mapel 1. SRI SUTRISNANINGRUM 43 S1 Sejarah   20 III/d 2. HARIONO, S.Ag 30 S1 Agama  - 3 - 5) Nara Sumber PKH (keterampilan) di sekitar SMP yang terjangkau No Nama Lengkap (termasuk gelar) Usia Pendidikan Pekerjaan Bidang Keahlian Ketersediaan Waktu Ket Tertinggi Jurusan 1. SAMSUL 35 S1 S. Supa Pelukis Pertaman 1x/bln 2. SUDIRMAN 35 S1 P. Sukir Pemahat Patung 1x/bln 3. PKK Bandarasri 6) Mitra Pelaksanaan PKH No Nama Mitra Keterangan 1. PKLH Mengolah Limbah 2. Kerajinan Buah Sintetis Membuat buah sintetis 3. Sahabat Lingkungan Pengolahan Sampah dan Tanaman 7) Alat (penunjang) pelaksanaan PKH (keterampilan) Sebutkan sarana yang dapat (menunjang) pelaksanaan PKH (mesin, jahit, alat masak, dsb) yang sudah dimiliki oleh sekolah No Nama Alat Jumlah Kondisi Baik Rusak Ringan Rusak Sedang Rusak Berat 1. Mesin Jahit 5 5 2. Mesin Bubut 1 1 3. Kompor 4 4 4. Oven 2 1 1 5. Blender 1 1 6. Mixer 1 1 7. Wonder Dam 1 1 8. Pemanggang 1 1 9. Peralatan Makan 2 set 2 10. Peralatan Masak 2 set 2 8) Pengalaman Menyelenggarakan PKH Bila sekolah telah menyelenggarakan PKH, sebutkan jenis, jumlah peserta dan hasil evaluasi penyhelenggaraan PKH tersebut oleh Direktorat PSMP dan/atau lembaga lainnya, termasuk SMP yang bersangkutan No Jenis PKH Dilaksanakan sejak tahun Jumlah Peserta Hasil Evaluasi *) Ket 2004/5 2005/6 2006/7 1. Pengolah Limbah 2003 36 36 36 Baik 2. Buah sintetis 2005 36 36 Baik 3. Buat jamu 2003 36 36 36 Baik 4. Pengolah Sampah 2003 42 42 42 Baik *) Hasil evaluasi dinyatakan dengan sebutan Sangat baik, baik, cukup, kurang, buruk 21. INVENTARIS LABORATORIUM IPA No Jenis Jml Kondisi Kualitas/Fungsi Keterangan Baik Buruk Layak Tidak Layak Prasarana 1 Ruang Praktek 1 1 1 2 Ruang Persiapan 1 1 1 3 Ruang penyimpanan alat dan bahan 1 1 1 4 Ruang gudang 1 1 1 5 Meja Laboratorium 10 10 10 6 Wastafel 7 Saluran dan instalasi air bersih 8 Saluran dan instalasi air kotor 9 Saluran dan instalasi listrik 5 5 5 11 Sirkulasi Udara 24 24 24 12 Sistem pencahayaan 24 24 24 Alat Pratikum 1 Adjustable lancing device 1 1 1 2 Akuarium 1 1 1 3 Alat bedah 7 7 set 7 set 4 Alat boyle 9 6 3 6 3 5 Auksanometer 2 2 2 6 Barometer aneroid 2 2 2 7 Baterai 1,5 v besar 6 6 6 8 Baterai 9 v kotak 4 4 4 9 Baterai aa 2 2 set 2 set 10 Beaker glass plastic 1 liter 12 12 12 11 Beaker glass plastic 80 ml 8 8 8 12 Beaker glass 250 ml 18 18 18 13 Beaker glass 100 ml 14 14 14 14 Beban 5 gram 7 7 7 15 Beban 10 gram 1 1 1 16 Beban 20 gram 7 7 7 17 Beban 30 gram 7 7 7 18 Beban 50 gram 29 29 29 19 Beban 100 gram 1 1 1 20 Beban 1000 gram 30 30 30 21 Bejana berhubungan 7 6 1 6 1 22 Bejana kapiler 4 3 1 3 1 23 Bimetal 5 5 5 24 Bohlamp 12 v 2 2 2 25 Bohlamp 12 v 3 w 2 2 2 26 Bohlamp 2,5 v 9 9 9 27 Bohlamp 3,5 v 3 3 3 28 Bola langit 1 1 1 29 Boshead 75 75 75 30 Box slides plastic 2 2 2 31 Bunsen 10 10 10 32 Carta angin laut dan angin darat 1 1 1 33 Carta darah dan peredarn darah 1 1 1 34 Carta hukum mendel 1 1 1 35 Carta jaringan tumbuhan 1 1 1 36 Carta metode penyerbukan 1 1 1 37 Carta otot – otot manusia 1 1 1 38 Carta pencernn mknan manusia 1 1 1 39 Carta perk. Hwn rendah genrtif 1 1 1 40 Carta perk. Tingk tinggi genrtif 1 1 1 41 Carta perk. Tumbh. Generatif 1 1 1 42 Carta perk. Tumbh. Vegetatif 1 1 1 43 Carta pernafasan manusia 1 1 1 44 Carta sist. Alat reprod. Amphibi 1 1 1 45 Carta sist. Alat reprod. Burung 1 1 1 46 Carta sist. Alat reprod. Ikan hiu 1 1 1 47 Carta sist. Alat reprod. Manusia 1 1 1 48 Carta sistem alat reprod. Reptil 1 1 1 49 Carta sistem periodik 1 1 1 50 Cawan 100 ml 18 18 18 51 Cawan 125 ml 10 10 10 52 Cawan 75 ml 2 2 2 53 Dinamometer 1 1 1 54 Diode 1n 4002 10 10 10 55 Diode 1n 5399 9 9 9 56 Fuse box 1 1 1 57 Galvanometer 2 2 2 58 Garputala pada kotak 4 4 4 59 Gelas arloji 14 14 14 60 Globe 1 1 1 61 Hambatan geser 4 4 4 62 Bohlamp 12 v 3 w 2 2 2 63 Hydrometer 1 1 1 64 Jangka sorong 6 6 6 65 Jarum suntik 4 4 4 66 Jas laboratorium 2 2 2 67 Jembatan wheatstone 3 3 3 68 Kaki 3 39 39 39 69 Kasa asbes 10 10 10 70 Kipas angin 2 2 2 71 Kit engineering 3 2 1 2 1 72 Kit listrik 5 4 1 4 1 73 Kit maintenance mikroskop 1 1 1 74 Kit mekanika 5 5 5 75 Kit nutrisi 2 2 2 76 Kit optic 6 5 1 5 1 77 Kit panas dan hidrostatika 6 5 1 5 1 78 Klem universal 13 13 13 79 Kompas 1 1 1 80 Komputer 1 Set 1 Set 1 Set 81 Kotak genetika 5 warna 8 8 8 82 Kuadrat, fleksible tipe lipat 83 Kubus material 8 8 8 84 Kursi laboratorium 37 37 37 85 Labu erlemeyer 60 60 60 86 Lancet 2 2 Kotak 2 Kotak 87 Lilin mainan (malam) 4 4 4 88 Lup 3 3 3 89 Meja laboratorium 9 9 9 90 Micrometer 3 3 3 91 Mikroskop 30 15 15 15 15 92 Mobil –mobilan 1 1 1 93 Model batuan 4 3 1 3 1 94 Model ginjal 1 1 1 95 Model jantung 1 1 1 96 Model jaringan kulit 1 1 1 97 Model kepala dan otak 1 1 1 98 Model mata 2 1 1 1 1 99 Model molekul 7 6 1 6 1 100 Model peredaran darah 1 1 1 101 Model susunan saraf 1 1 1 102 Model telinga 2 1 1 1 1 103 Model tubuh pria 2 2 2 104 Model tubuh wanita 2 1 1 1 1 105 Mortar 9 9 9 106 Motor listrik 5 5 5 107 Multimeter digital 2 2 2 108 Multitester 4 4 4 109 Muschenbroek 7 1 6 1 6 110 Neraca 3 lengan 4 4 4 111 Neraca 4 lengan 7 1 8 1 8 112 Papan tulis 1 1 1 113 Penggaris kayu 1 m 6 6 6 114 Penghubung selang bentuk y 3 3 3 115 Pengukur Ph 1 1 1 116 Penjepit reaksi 15 10 5 10 5 117 Pinset 6 6 6 118 Pipet tetes 154 154 154 119 Planetarium 3 1 2 1 2 120 Pointer 4 4 4 121 Power supply 6 4 2 4 2 122 Rak tabung reaksi 28 20 8 20 8 123 Resistor 1MΩ 9 9 9 124 Resistor 220 kΩ 10 10 10 125 Resistor 22kΩ 10 10 10 126 Resistor 37kΩ 10 10 10 127 Resistor 39 kΩ 20 20 20 128 Resistor 47Ω 10 10 10 129 Resistor 56Ω 20 20 20 130 Respirometer 8 8 8 131 Sabit 2 2 2 132 Slinky 3 3 3 133 Solar system 4 1 3 1 3 134 Sonometer 2 2 2 135 Sphygmomanometer 6 5 1 5 1 136 Stetoscope 6 6 6 137 Tabung reaksi kecil 531 531 531 138 Tabung reaksi sedang 348 348 348 139 Tabung ukur 100 ml 11 11 11 140 Tabung ukur 1000 ml 2 2 2 141 Tabung ukur 10ml 9 9 9 142 Tabung ukur 25 ml 8 8 8 143 Tabung ukur 250 ml 3 3 3 144 Tabung ukur 50 ml 6 6 6 145 Tensi darah otomatis 2 2 2 146 Termometer ruang 2 2 2 147 Termometer badan 1 1 1 148 Termometer suhu 12 6 6 6 6 149 Termometer tak berskala 17 10 7 10 7 150 Torso atau kerangka manusia 1 1 1 1 1 151 Trigonal klip 3 3 kotak 3 kotak 152 Trolly 7 7 7 22. INVENTARIS PERALATAN LABORATORIUM BAHASA No Peralatan Jml Kondisi Kualitas/Fungsi Keterangan Baik Buruk Layak Tidak Layak 1 Master Console 1 1 1 2 Booth Siswa 40 40 40 3 Headset Siswa 40 40 40 4 Room speaker 2 2 2 5 TV 1 1 1 6 Komputer 1 1 1 7 Kursi guru 1 1 1 8 Kursi siswa 48 48 48 9 Almari/rak 1 1 1 10 Papan tulis 1 1 1 11 AC/Kipas angin/exhaust fan 4 4 4 12 Lainnya : ......... 23. INVENTARIS LABORATORIUM KOMPUTER No Jenis Jml Kondisi Kualitas/Fungsi Keterangan Baik Buruk Layak Tidak Layak Prasarana 1 Ruang Praktek 1 1 1 2 Ruang Persiapan 3 Ruang penyimpanan 4 Ruang gudang 5 Meja Laboratorium Komputer 12 12 12 6 Kursi Laboratorium Komputer 7 Saluran dan instalasi Listrik 1 1 1 8 Sirkulasi Udara 2 2 2 AC 9 Sistem Pencahayaan 2 2 2 10 Komputer saling terhubungkan dengan jaringan 18 18 18 11 Jaringan Internet 1 1 1 12 Ketersediaan Daya Listrik 30.000 Watt Alat Pratikum Komputer 1 Komputer a Intel Pentium I b Intel Pentium II c Intel Pentium III 18 18 18 d Intel Pentium IV 1 1 1 e Lainnya 2. Printer a Dot Matriks A4 1 1 1 b Dot Matriks A3 c Ink Jet A4 1 1 1 d Ink Jet A3 e Color Ink Jet 2 2 2 f Laser Jet A4 2 1 1 1 1 g Laser Jet A3 h Color Laser Jet 1 1 1 3 Scanner 3 3 4 Stabilizer 18 18 18 No Jenis Jml Kondisi Kualitas/Fungsi Keterangan Baik Buruk Layak Tidak Layak 1 Sumber Daya Manusia                         Jumlah   a Berapa orang guru yang menguasai komputer? 50   b Berapa orang staf yang menguasai komputer? 6   c Berapa orang guru/staf yang pernah belajar komputer (kursus/kuliah/dll)? 60   d Berapa Tenaga Teknis/Laboran komputer 2   24. Inventaris Ruang Multi Media No Jenis Jml Kondisi Kualitas/Fungsi Keterangan Baik Buruk Layak Tidak Layak Prasarana 1 Komputer Seleron saling terhubung dengan jaringan 25 25 25 2 Meja Komputer 25 25 25 3 Kursi 25 25 25 4 LCD 3 3 3 5 Layar 3 3 3 6 Laptop 5 5 5 7 Meja LCD 1 1 1 8 TV 29 inch 2 2 2 9 Scaner 2 2 2 10 AC 2 2 2 11 Jaringan Internet 1 1 1 12 Speaker Aktif 1 1 1 13 Etalase 3 3 3 BAB IV KALENDER PENDIDIKAN SMP NEGERI 1 NGORO TAHUN PELAJARAN 2010 - 2011 JULI 2010 TANGGAL URAIAN KEGIATAN 4 11 18 25 1 s.d. 10 Libur semester genap Tahun Pembelajaran 2009-2010 5 12 19 26 12 Hari pertama masuk 6 13 20 27 12 s.d. 24 MOS / Matrikulasi 7 14 21 28 1 8 15 22 29 2 9 16 23 30 3 10 17 24 31 AGUSTUS 2010 TANGGAL URAIAN KEGIATAN 1 8 15 22 29 10 s.d.12 Libur Awal Puasa 2 9 16 23 30 17 Upacara HUT RI 3 10 17 24 31 13 s.d 27 Pondok Ramadhan 4 11 18 25 28 s.d 31 Efektif Fakultatif 5 12 19 26 6 13 20 27 7 14 21 28 SEPTEMBER 2010 TANGGAL URAIAN KEGIATAN 5 12 19 26 1 s.d 4 Efektif Fakultatif 6 13 20 27 6 s.d. 18 Libur Hari Raya Idul Fitri 7 14 21 28 20 Masuk KBM 1 8 15 22 29 2 9 16 23 30 3 10 17 24 4 11 18 25 OKTOBER 2010 TANGGAL URAIAN KEGIATAN 3 10 17 24/31 16 s.d. 23 Ujian Tengah Semester 4 11 18 25 5 12 19 26 6 13 20 27 7 14 21 28 1 8 15 22 29 2 9 16 23 30 NOPEMBER 2010 TANGGAL URAIAN KEGIATAN 7 14 21 28 1 Bimbingan Belajar Kelas IX 1 8 15 22 29 17 Libur Hari Raya Idul Adha 1430 H 2 9 16 23 30 3 10 17 24 4 11 18 25 5 12 19 26 6 13 20 27 DESEMBER 2010 TANGGAL URAIAN KEGIATAN 5 12 19 26 6 s.d 13 Ulangan Semester Ganjil 6 13 20 27 14 s.d 18 Remidi 7 14 21 28 20 s.d 23 Penulisan Raport 1 8 15 22 29 24 Pembagian Raport Semester Ganjil 2 9 16 23 30 25 Libur Hari Raya Natal 3 10 17 24 31 27 s.d 31 Libur Semester Ganjl 4 11 18 25 JANUARI 2011 TANGGAL URAIAN KEGIATAN 2 9 16 23/30 1 Libur Tahun Baru Masehi 3 10 17 24/31 3 Awal KBM Semester Genap 4 11 18 25 17 s.d 20 Try Out I Kelas IX 5 12 19 26 6 13 20 27 7 14 21 28 1 8 15 22 29 PEBRUARI 2011 TANGGAL URAIAN KEGIATAN 6 13 20 27 3 Tahun Baru Imlek 2561 7 14 21 28 16 Maulid Nabi Muhammad SAW 1 8 15 22 21 s.d 26 Try Out II Kelas IX 2 9 16 23 3 10 17 24 4 11 18 25 5 12 19 26 MARET 2011 TANGGAL URAIAN KEGIATAN 6 13 20 27 1 s.d 4 Try Out III Kelas IX 7 14 21 28 3 Kelas VII Study Tour 1 8 15 22 29 4 Kelas VIII Study Tour 2 9 16 23 30 5 Libur Hari Raya Nyepi 3 10 17 24 31 14 s.d 19 Ulangan Sumatif Kelas IX 4 11 18 25 28 s.d 31 Prediksi UN 5 12 19 26 APRIL 2011 TANGGAL URAIAN KEGIATAN 3 10 17 24 4 s.d 7 Ujian Susulan 4 11 18 25 5 s.d 8 Ujian Praktek 5 12 19 26 18 s.d 21 Ujian Sekolah 6 13 20 27 22 Wafat Isa Al Masih 7 14 21 28 1 8 15 22 29 2 9 16 23 30 MEI 2011 TANGGAL URAIAN KEGIATAN 1 8 15 22 29 2 s.d 14 Penerimaan Peserta Didik Baru 2 9 16 23 30 17 Hari Raya Waisak 3 10 17 24 31 23 s. d 26 Ujian Ulang Nasional 4 11 18 25 28 s. d 31 Test PPDB 5 12 19 26 6 13 20 27 7 14 21 28 JUNI 2011 TANGGAL URAIAN KEGIATAN 5 12 19 26 1 Test PPDB 6 13 20 27 2 Kenaikan Isa Al Masih 7 14 21 28 4 Pengumuman PPDB 1 8 15 22 29 6 s.d 11 Ulangan Semester Genap Kelas VII dan VIII 2 9 16 23 30 13 s.d 14 Remidi 3 10 17 24 16 Rapat Kenaikan Kelas VII dan VIII 4 11 18 25 28 Penerimaan Rapor JULI 2011 TANGGAL URAIAN KEGIATAN 3 10 17 24/31 1 s.d 2 Libur Semester Genap 4 11 18 25 4 s.d 9 PSB 5 12 19 26 11 Awal Masuk KBM Tahun Ajaran 2011-2012 6 13 20 27 7 14 21 28 1 8 15 22 29 2 9 16 23 30 BAB V PENUTUP Dalam penyusunan Kurikulum SMP Negeri 1 Ngoro ini diharapkan memberikan kontribusi acuan dan pola dasar bagi penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 1 Ngoro Kabupaten Mojokerto. Keberhasilan suatu program pendidikan sangat tergantung pada perencanaan, penyusunan program pelaksanaan, monitoring dan evaluasi kegiatan serta adanya gugus kendali dan pencapaian mutu pendidikan. A. Kesimpulan 1. Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. 2. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan mengacu pada SI dan SKL serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) sebagai amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. 3. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMP Negeri 1 Ngoro yang selanjutnya disebut Kurikulum SMP Negeri 1 Ngoro ini disusun sesuai dengan potensi daerah, sosial budaya masyarakat, karakteristik peserta didik di SMP Negeri 1 Ngoro dan tuntutan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengembangan sumber daya manusia peserta didik agar mampu bersaing dalam kehidupan masyarakat internasional karena mulai Tahun Pembelajaran 2007 – 2008 SMP Negeri 1 Ngoro sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. 4. Keberhasilan pelaksanaan Kurikulum SMP Negeri 1 Ngoro tidak akan tercapai secara maksimal tanpa dukungan aktif segenap unsur terkait, utamanya kesadaran dan tanggung jawab seluruh warga sekolah. B. Saran. Apa yang kami lakukan dalam rangka menyusun Kurikulum SMP Negeri 1 Ngoro Kabupaten Mojokerto sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 1 Ngoro sebenarnya masih jauh dari sempuna dan masih perlu perbaikan dan pengembangan melalui pembinaan yang lebih intensif. Dalam upaya penyusunan kurikulum di sekolah kami, dengan kerendahan hati kami mengajukan saran sebagai berikut 1. Perlu pedoman yang lebih terinci dalam penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. 2. Perlu ditingkatkan kerja sama sesama warga sekolah, antara warga sekolah dengan instani terkait dalam penyusunan kurikulum dan penyelenggaraan kegiatan pendidikan agar berjalan dengan baik 3. Kritik dan saran dari pemerhati Kurikulum ini selalu kami harapkan demi kesempurnaan penyusunan Kurikulum SMP Negeri 1 Ngoro Kabupaten Mojokerto. Demikian semoga pelaksanaan Kurikulum SMP Negeri 1 Ngoro Kabupaten Mojokerto dapat berjalan sesuai harapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar